Kamis, 27 Agustus 2009

ARTIKEL HAMIL

ARTIKEL HAMIL

Jangan Malas Selama Hamil

Awalnya sangat senang dgn kehamilan pertama saya, kemudian saya USG ternyata bayinya cowok, tidak ada keluhan apapun karena dikehamilan trimester pertama dan kedua saya lebih banyak istirahat yang cukup kemudian olahraga sesuai dengan gerakan yang dianjurkan oleh dokter. Kemudian menjelang trimester ke tiga karena perutku semakin membesar dan terbawa MALAS untuk banyak bergerak, sering minum susu MILO yang segar, manis2 akhirnya kandungannu menjeadi besar dan pada saat melahirkanpun sulit, akhirnya Caesar pilihanku setelah lewat alami saya mengalami pembengkakan pada tiap pembukaan, dokterpun memutuskan untuk operasi saja. Itulah kisah sederhanaku semoga dapat menjadi pelajaran, Lawanlah rasa malas dan jauhi minuman yang manis, tetaplah selalu bugar dgn berolahraga yang sesuai. Terima kasih.
Sumber : Rini - Cirebon
Tanggal entry data : Kamis, 05 Januari 2006

Hamil dan Libido Tinggi


Jika Anda hamil ada dua kemungkinan berkaitan dengan gairah seksual Anda, meningkat atau justru menurun dengan drastis. Keduanya dipengaruhi hormon estrogen, namun penjelasan mengapa wanita yang satu bisa meningkat sedang yang lainnya menurun

sangatlah psikologis dan individual sifatnya. Keharmonisan keluarga, latar belakang psikologis dan beberapa hal lainnya bisa saja menjadi sebab.

Namun bukan hal itu yang akan dibahas melainkan apakah wajar jika Anda hamil namun gairah dan keinginan untuk berhubungan intim semakin gencar, padahal banyak pendapat yang menyatakan bahwa itu bisa saja membahayakan janin.
Menurut seorang dokter kandungan, penurunan atau peningkatan gairah seksual itu adalah hal normal. Jika Anda mengalami peningkatan gairah seksual kala hamil, menurut dokter bisa dikarenakan kondisi hubungan Anda sehat dan saling memuaskan. Terlebih lagi jika trimester pertama yang menyebalkan sudah Anda lewati, tak heran jika hubungan seks justru semakin hot karena kemungkinan Anda untuk mencapai orgasme lebih mudah.

Namun terkadang masalah muncul karena pria atau pasangan Anda tidak memiliki hasrat yang sama. Kadang pria beranggapan hubungan intim akan melukai dan menekan janin, mereka jadi ekstra hati-hati dan menahan diri. Kenyataan ini tentunya tidak nyaman untuk Anda.

Anda tidak perlu risau dan stres jika menghadapi masalah ini, karena masturbasi pada prinsipnya tidak dilarang dan yang penting tidak akan menyakiti Anda atau bayi Anda. Jika Anda suka ingin menggunakan vibrator, itu sah saja selama tidak Anda ditempatkan pada vagina. Pelumas seperti jelly atau astroglide juga baik. Kecuali jika Anda memiliki kecenderungan kelahiran prematur, Anda harus menghentikan sementara berbagai hal yang memancing orgasme termasuk masturbasi dan hubungan intim.

Sumber :
http://www.satuwanita.com/index.html/kesehatan/0,23933,0/
Tanggal entry data : Jum´at, 21 Januari 2005

Kekhawatiran Saat Hamil

Saat kehamilan datang dalam kehidupan anda, timbul perasaan bahagia yang tiada terduga, tetapi terkadang kebahagiaan yang anda rasakan itu "terganggu" oleh beberapa perasaan khawatir. Akibatnya, kondisi emosi kita ikut-ikutan terpengaruh. Berikut beberapa hal yang sering dikhawatiran oleh ibu hamil.

- Khawatir menyakiti janin. Anda sering merasa takut dan ragu dalam melakukan beberapa hal yang sebelumnya merupakan kegiatan rutin. Misalnya berolahraga atau berhubungan intim. Juga, anda khawatir dan cemas kalu berbagai keluan dapat menyebabkan keguguran, seperti nyeri pada perut atau daerah panggul.


- Khawatir menghadapi persalinan. Walaupun persalinan adalah seuah proses alami yang sekaligus menakjubkan dan sudah menjadi kodrat bagi seorang wanita untuk menjalaninya, tetapi sering ibu hamil tidak dapat menghilangkan rasa hawatir dan takut dalam menghadapi proses persalinan tersebut. Percayalah bahwa anda benar-benar yakin akan semua ini, maka perlahan-lahan akan tumbuh keberanian dalam diri anda.

- Khawatir tidak mampu berlaku adil. Tidak sedikit ibu yang merasa khawatir tidak mampu berlaku adil terhadap si sulung setelah adiknya lahir. Bahkan banyak juga yang tidak mampu berbagi perhatian dan waktu pada pasangannya.

Semua kekhawatiran ini sebenarnya mampu Anda atasi, asal Anda memiliki tekad yang kuat untuk mengendalikan emosi Anda dan tidak larut secara berkepanjangan. Karena apapun yang anda alami selama masa kehamilan merupakan sesuatu yang wajar dan dialami pula oleh ibu hamil lainnya.


Sumber : Ayahbunda Nomor 26 / 31 Desember - 16 Januari 2004, Hal. 63.
Tanggal entry data : Sabtu, 16 Oktober 2004

Persalinan Tanpa Rasa Nyeri


Tidak perlu khawatir jika anda tidak dapat menahan rasa nyeri selama persalinan. Karena, dengan teknik khusus, rasa nyeri yang muncul bisa diminimalkan. Rasa nyeri saat persalinan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat, denyut jantung meningkat, dan konsentrasi si calon ibu selama persalinan menjadi terganggu, apalagi jika si ibu tidak dapt menahan rasa nyeri. Semua itu tentu bisa berefek buruk terhadap kelancaran persalinan. Nah, persalinan normal dengan bantuan Intrathecal Labor Analgesia (ILA) membantu para wanita yang tidak sanggup menahan rasa nyeri saat melahirkan degan cara menyuntikkan obat pembunuh rasa sakit. Seperti apa caranya dan adakah efek sampingnya? Berikut penjelasan dr. Susilo, Sp. An, dokter spesialis anastesi dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara, Jakarta, mengenai teknik ILA.

Cara dan Efek Samping
Persalinan dengan bantuan ILA dilakukan dokter kandungan dengan dibantu dokter anastesi yang menyuntikkan obat ke dalam cairan di daerah saraf tulang belakang si ibu, yang kemudian bekerja untuk menghilangkan rasa sakit. Obat itu sendiri tidak akan mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan. "Obat itu langsung bekerja haya di saraf itu, sehingga tidak terserap ke pembuluh darah dan masuk ke tubuh bayi", kata dokter Susilo. Obat tersebut disuntikkan ke punggung ke dalam rongga tulang belakang, dengan posisi si ibu duduk atau berbaring miring. Ini berbeda dengan teknik epidural yang menyuntukkan obat ke dalam rongga epidural.

Penyuntikkan obat dilakukan saat persalinan mulai masuk pada tahap bukaan 3, yang ditandai dengan timbulnya kontraksi berkali-kali disertai rasa nyeri. Setelah obat bekerja, biasanya si ibu akan marasa otot-otot tungkainya sedikit kesemutan dan lemas, namun tetap dalam keadaan sadar. Pada beberapa ibu, kontraksi rahim bisa melambat sementara, tapi sebagian besar umumnya mengalami perbaikan pola kontraksi. Selebihnya, proses persalinanpun berjalan seperti pesalinan normal lainnya.

Efek samping yang timbul dari pesalinan dengan ILA bisa dibilang amat ringan dan tidak mempengaruhi kondisi janin. Meski jarang, beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, muntah, penurunan tekanan darah, serta gatal-gatal ringan yang mudah diatasi. "Semua itu bisa dicegah, misalnya, dengan memberikan obat antimual dan muntah sebelum pemberian cairan." kata dr.
Susilo.
Sumber :
Majalah Lisa - Nomor 36/Tahun II/10 - 16 September 2001, halaman 14
Tanggal entry data : Jum´at, 19 Maret 2004

Efek Kafein pada Kehamilan

Kafein merupakan salah satu zat yang digunakan orang dalam obat maupun dalam makanan sehari-hari yang bisa didapatkan dengan mudah, misalnya saja, pada kopi, cokelat, berbagai teh maupun soft-drink, repotnya, kafein didalam berbagai makanan dan minuman itu sekalipun tidak dianggap sebagi obat, tetapi dapat mempengaruhi / meningkatkan denyut jantung. Dengan dosis tinggi, kafein dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, dan rasa berdebar-debar.
Kafein juga dapat menyebabkan peningkatan hormon epinefrin, dan menyebabkan ibu dan janinnya stress. Peningkatan kadar epinefrin ini akan mengurangi aliran darah ke rahim, sehingga mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke janin pula. Rata-rata orang di Amerika mengkonsumsi 206 sampai 210 miligram kafein setiap harinya atau sekitar 1,5 cangkir kopi. Sementara wanita hamil di sana rata-rata mendapatkan 144 mg kopi setiap harinya. Kafein yang diminum oelh ibu hamil itu, tidak hanya dapat melintasi plasenta dan memasuki aliran darah janin. Hal ini terjadi antara lain karena hati pada janin belum mampu memproses kafein secepat ibunya, sehingga kafein itu akan tinggal di sistem peredaran darah janin dalam waktu yang lebih lama.

Sumber : Ayahbunda No. 13/29 Juni – 12 Juli 2002
Tanggal entry data : Kamis, 13 Maret 2003

Pengalaman Pahit dengan Kopi

Setelah saya membaca artikel Efek Kafein pada janin dalam kandungan, saya mendapat jawaban apa yang terjadi dengan janin saya yang meninggal di dalam kandungan saat usianya baru 6 bulan. Pada saat itu dokter yang menangani saya tidak dapat memberikan jawaban apa yang menyebabkan janin saya tersebut tidak bergerak secara tiba-tiba dan dinyatakan tidak bernyawa lagi.
Saya adalah pecandu kopi, dalam sehari bisa 3 cangkir kopi saya minum. Tetapi selama kehamilan saya coba kurangi, dan dokterpun mengijinkan. Seingat saya, setiap kali saya meminum secangkir kopi, janin saya akan mendadak tidak bergerak selama satu hari tetapi esoknya bergerak lagi. Beberapa hari sebelum kematian janin saya tersebut, saya meminum lebih dari satu gelas kopi sehari dan ke esokkan harinya sampai 5 hari selanjutnya janin saya tidak terasa bergerak dan dokter menyatakan janin saya meninggal dalam kandungan.
Semoga pengalaman ini menjadi masukkan yang berharga bagi ibu-ibu lainnya

Sumber : Ibu Tiara - Jakarta
Tanggal entry data : Jum´at, 06 Februari 2004

Gambar Eksklusif: Janin Tersenyum & Menangis Dalam Rahim Ibu...!

Berikut ini, gambar-gambar luar biasa yang membuktikan bayi dapat tersenyum dalam kandungan ibunya.

Foto-foto tersebut menunjukkan, bayi yang belum lahir pun ternyata mampu mengejapkan matanya, menguap, mengernyitkan dahi dan..menangis! Sampai saat ini, dokter dan orangtua percaya, janin dalam rahim ibu, tak dapat tersenyum sampai beberapa minggu setelah lahir. Tetapi ahli kandungan terkenal asal Inggris, Prof Stuart Campbell yang mempelopori teknik rekaman gambar ini, mengatakan, pendapat tersebut tidaklah benar sepenuhnya. “Para ahli berpendapat, bayi tidak tersenyum sampai usia 6 minggu setelah lahir. Padahal, sebelum lahir pun bayi-bayi itu sering sekali tersenyum.” Gambar-gambar ini, dibuat menggunakan ultrasound 4D, yang mencatat gema/gaung yang berasal dari rahim ibu, dan mencatatnya secara digital. Pengamatan yang dilakukan selama berjam-jam, akan menghasilkan gambar yang membuat orangtua seperti menonton video kehidupan bayinya.

Foto-foto tadi, juga akan membantu dokter mendapatkan peringatan dini bila bayi-bayi dalam kandungan itu abnormal, seperti: langit-langit mulutnya terbelah, sindrom down dan kelainan lain yang berkaitan dengan tungkai, lengan, serta anggota tubuh lainnya. Prof Campbell, mengatakan, “Dengan munculnya gambar-gambar tadi, sejumlah pertanyaan mengenai janin dalam kandungan, bisa diselidiki.” “Misalnya, apakah janin dengan problem genetik memiliki pola gerak yang sama seperti janin normal?” “Apakah janin-janin itu tersenyum karena dia merasa bahagia? Atau menangis karena ada suasana atau kejadian yang menganggunya..?” “Mengapa janin mengedip-ngedipkan matanya? Padahal selama ini, kita berasumsi rahim ibu itu gelap gulita.” Foto-foto janin ini, bahkan bisa diambil ketika usia kandungan si ibu baru 12-20 minggu. Biaya pengambilan gambar janin ini, kira-kira, 275 poundsterling (kurang lebih 4 juta rupiah).

Yvone Ntimoah (29) yang mengambil gambar bayi perempuannya --baru berusia 31 minggu-- mengatakan, “ Ini sangat fantastik. Tangannya tadinya menutupi wajahnya, tetapi tiba-tiba tangannya terbuka, dan kami bisa melihat dia tersenyum.” Kate Blackwell (29), yang hamil 27 minggu, menambahkan, “Suamiku, Paul, dan aku dapat menyaksikan setiap gerak-gerik bayi kami.” Meski begitu, ahli kandungan lain, Maggie Blott, memiliki pendapat berbeda. Ia masih tidak percaya bayi dapat tersenyum dalam rahim ibunya. “Memang, bayi-bayi itu seperti tersenyum



Sumber : Tiddy, dikutip dari http://www.kompas.co.id/kesehatan/news/0309/18/111229.htm
Tanggal entry data : Senin, 22 September 2003

dapat tersenyum dalam kandungan ibunya.

Nutrisi Penting Masa Hamil

Benarkah wanita hamil harus makan dengan porsi dua kali lebih banyak dari wanita biasa? Dari segi kualitas memang jawabannya adalah ya. Tapi dari segi kuantitas jawabannya adalah tidak. Dalam mengkonsumsi makanan, ibu hamil harus memperhitungkan nilai gizi makanan yang dikonsumsi, baik bagi dirinya maupun janin yang ada dalam kandungannya

Kebutuhan gizi akan terus meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung sangat cepat. Jangan heran jika berat badan ibu pun turut naik pesat. Ini berbeda dengan kehamilan pada trimester pertama. Pada saat ini pertumbuhan janin masih belum begitu pesat, sehingga kebutuhan gizinya juga belum optimal.
Pada dua bulan terakhir kehamilan, otak bayi berkembang sangat cepat. Pada periode ini, gizi diperlukan bagi pengembangan otak dan jaringan saraf sang bayi. Usahakanlah makan setiap 4 jam sekali. Sebab, meskipun Anda tidak lapar, kemungkinan bayi Anda yang lapar.

Hal lain yang perlu diperhatikan, meskipun nafsu makan meningkat, tetaplah berpegang pada pola makan dengan gizi seimbang. Jangan asal makan karena lapar mata.

Sebaiknya ibu hamil menghindari makanan berkalori tinggi seperti cokelat dan es krim. Harus diingat pertambahan berat badan ideal selama masa kehamilan adalah berkisar antara 10-15 kg.

Pada tabel berikut dapat dilihat komponen utama gizi dan kecukupan yang dianjurkan (RDA) dari Food Nutrition Board, National Research Council :
Recommended Dietary Allowance 9th Ed. Washington DC, Nacional Academy Sciences, 1980:
3 Komposisi Utama
Kebutuhan harian Wanita usia 19 - 50 th
Kebutuhan tambahan harian wanita semasa:
Hamil Menyusui
Protein (g) 44 +30 +20
Zat Besi (mg) 18 +30-60 +30-60
Kalsium (mg) 800 +400 +400

Makanan dengan gizi seimbang dapat diperoleh dari karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga, protein sebagai sumber zat pembangun, serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur. Sebagai sumber tenaga yang menghasilkan kalori, karbohidrat dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian. Sementara protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sebagai sumber zat pengatur, vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.
Tambahan vitamin, baik B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin D, maupun vitamin E diperlukan ibu hamil untuk meningkatkan kebugarannya.

Vitamin B kompleks dijumpai pada serealia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.
Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal.

Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.

Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Makanlah lembaga biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.

Asam folat berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, dan banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat banyak terdapat pada jeruk, pisang, wortel dan tomat.
Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.

Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia (kurang darah), banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging dan hati.

Salah satu makanan dengan kandungan gizi yang lengkap adalah susu. Susu mengandung kalsium bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari penyakit osteoporosis (keropos tulang). Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibunya. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Selain itu, susu juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D, B2, B3, dan vitamin C. Zat-zat gizi ini juga terdapat pada produk olahan susu, seperti keju, es krim, yoghurt.

Makanan yang Harus Dihindari

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, karena kemungkinan membawa bibit penyakit atau parasit tertentu yang membahayakan janin. Jenis bibit penyakit / parasit yang membahayakan kandungan dan terbawa dalam makanan adalah:

· Listeria
Dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir mati, atau keracunan darah. Bakteri listeria monocytogenes banyak terdapat pada :
- produk unggas (termasuk telur), ikan atau daging sapi yang diolah setengah matang.
- Selada, buah dan sayuran yang tidak dicuci bersih, terutama bila dimakan dalam keadaan mentah.
- Beberapa jenis keju lunak, seperti Brie, Camembert, Blue Cheese serta keju lain yang dibuat dari susu kambing atau domba.

· Bakteri E. Coli
Sering ditemukan pada daging yang diolah setengah matang, dan susu yang tidak mengalami pasteurisasi. Racun yang dikeluarkannya dapat merusak usus dan ginjal.

· Salmonella dan Toksoplasma
Untuk menghindari infeksi bakteri jenis ini, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi daging dan telur dalam bentuk mentah atau setengah matang.
Sumber : Ibu Sari - Sudirman "info-sehat.com"
Tanggal entry data : Selasa, 02 September 2003

Makanan Ibu Hamil

Kebutuhan makanan bagi ibu hamil lebih banyak daripada kebutuhan untuk wanita tidak hamil,
kegunaan makanan tersebut adalah :
- Untuk perumbuhan janin yang ada dalam kandungan.
- Untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan badan ibu sendiri.
- Agar supaya luka-luka persalinan lekas sembuh dalam nifas.
- Guna mengadakan cadangan untuk masa laktasi

Caranya :
1. Ibu harus makan teratur tiga kali sehari.
2. Hidangan harus tersusun dari bahan makanan bergizi yang terdiri : makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan dan diusahan minum susu 1 gelas setiap hari.
3. Pergunakan aneka ragam makanan yang ada.
4. Pilihlah, belilah, berbagai macam bahan makanan yang segar.

Berapa banyak makanan yang dibutuhkan
Bila kondisi badan si ibu tidak terganggu maka jumlah atau besar makanan yang dapat dimakan ialah seperti tercantum pada lampiran.
Namun bila terjadi gangguan masa kehamilan maka dapat diatur sebagai berikut :
1. Pada Trisemester I :
Pada umur kehamilan 1-3 bulan kemungkinan terjadi penurunan berat badan. Hal ini disebabkan adanya gangguan pusing, mual bahkan muntah. Untuk itu dianjurkan porsi makanan kecil tetapi sering. Bentuk makanan kering atau tidak berkuah.
2. Pada Trisemester II :
Nafsu makan ibu membaik, makan makanan yang diberikan : 3 x sehari ditambah 1 x makanan selingan. Hidangan lauk pauk hewani seperti : telur, ikan, daging, teri, hati sangat baik dan bermanfaat untuk menghindari kurang darah.
3. Pada Trisemester III :
- Makanan harus disesuaikan dengan keadaan badan ibu.
- Bila ibu hamil mempunyai berat badan kelebihan, maka makanan pokok dan tepung-tepungan dikurangi, dan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan segar untuk menghindari sembelit.
4. Bila terjadi keracunan kehamilan/uedem (bengkak-bengkak pada kaki) maka janganlah menambah garam dapur dalam masakan sehari-hari.

Berapa yang anda butuhkan setiap hari ?

Nama Bahan, Berat Gram Ukuran Rumah Tangga
Beras 300 4 gelas nasi
Daging 75 3 potong sedang
Tempe 75 3 potong kecil
Sayuran 300 3 gelas
Buah 200 2 potong
Susu 200 1 gelas
Gula 10 1 sendok makan
Minyak 25 5 sendok makan
Selingan 2 X
Nilai gizi
- Kalori : 2500 - Lemak : 82
- Protein : 85 - H.A. : 414

Pembagian makanan sehari :
Waktu Jenis Makanan Jumlah (gr) Ukuran
Pagi

- Nasi 200 1¼ gls
- Daging 50 1 ptg
- Telur 25 ½ btr
- Tempe -
- Sayuran 50 ½ gls
- Minyak 10 1 sdm
- Gula 10 1 sdm
jam 10.00
- Susu 200 1 gls
- Gula 10 1 gls

Siang
- Nasi 250 1¾ gls
- Daging 50 1 ptg
- Telur 50 1 btr
- Tempe 50 1 ptg
- Sayuran 75 ¾ gls
- Minyak 15 1½ sdm
- Buah 100 1 bh
jam 16.00
- Kacang Hijau 25 2 sdm
- Gula 15 1½ sdm

Sore
- Nasi 250 1¾ gls
- Daging 50 1 ptg
- Telur 25 ½ btr
- Tempe 50 1 ptg
- Sayuran 75 ¾ gls
- Minyak 10 1 sdm
- Buah 100 1 bh

Contoh Menu
Pag
i
- Susu manis
- Nasi
- Telur ceplok
- Kering tempe
- Tumis kacang panjang
Jam: 10.00
- Bubur kacang ijo

Siang
- Nasi
- Ikan goreng
- Botok tempe, kemangi, melandingan
- Sayur asam
- Pepaya
Jam : 16.00
- Kolak labu kuning + pisang

Malam
- Nasi
- Smoor daging + tahu
- Orak-arik wortel + kool
- Pisang

Pesan- pesan penting bagi ibu hamil
- Ibu hamil harus makan dan minum lebih banyak dari pada saat tidak hamil.
- Untuk mencegah kurang darah selama hamil ibu harus banyak makan makanan sumber zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya, telur, ikan, dan daging.
- Jangan lupa minum tablet tambah darah 1 butir setiap hari.
- Untuk mencegah gigi rontok dan tulang rapuh, ibu hamil harus banyak makan-makanan sumber zat kapur, seperti : kacang-kacangan, telur, ikan teri/ikan kecil yang dimakan bersama tulangnya, sayuran daun hijau.
- Kenalilah gejala kurang darah (Anemia) selama kehamilan, yaitu :
pucat, pusing, lemah dan penglihatan berkunang-kunang.
- Selama hamil makanlah beraneka ragam makanan dalam jumlah yang cukup.
- Bila nafsu makan ibu kurang, makanlah makanan yang segar-segar, seperti : buah-buahan, sari buah, sayur bening, dsb.
- Hindari pantangan terhadap makanan, karena akan merugikan kesehatan ibu.
- Hindari merokok dan minum-minuman keras karena akan membahayakan keselamatan ibu dan janin.
- Jangan lupa memeriksakan diri kepada bidan atau Puskesmas secara teratur, agar ibu dan kandungannya tetap sehat.

Sumber : Ibu Sari - Sudirman, "balita-anda.indoglobal.com"
Tanggal entry data : Jum´at, 22 Agustus 2003

Antara Kerusakan Gigi Ibu & Janin Kecil

Ibu hamil yang mengalami sakit gigi kronis atau berat berisiko untuk melahirkan bayi berat lahir rendah (BBLR) karena pertumbuhannya terganggu”, demikian menurut Heather Jaret, dari University of North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat dalam presentasinya di Asosiasi Internasional untuk penelitian gigi. Dr. Steven Offenbacher, Direktur Center of Oral and Systemic Diseases di Universitas tersebut menjelaskan bahwa risiko tersebut sama kuatnya dengan risiko akibat merokok atau pemakaian alkohol.

Para ahli mencari hubungan antara penyaki di gusi dengan bayi beral lahir rendah, dengan melihat kejadian selama 5-6 tahun belakangan. Penelitian dilakukan dengan memeriksa kesehatan gigi dan mulut pada 850 wanita hamil, dengan usia dua puluh tahunan, sebelum usia kehamilan 26 minggu. Setelah itu diperiksa kembali dalam waktu 48 jam setelah persalinan. Penelitian ini juga memperhitungkan kontrol dan berbagai risiko, seperti umur, status merokoknya serta persalinan dini yang pernah dialami sebelumnya.

Penelitian itu menemukan bahwa peningkatan risiko dari bayi berat lahir rendah dan hambatan pertumbuhan janin terlihat kurang jika gangguan di gigi dan gusi memang ringan. Risiko itu menjadi signifikan jika penyakit giginya lebih berat. Hubungan langsung antara penyakit gusi dan gigi mempengaruhi bayi memang belum diketahui dengan jelas, namun diperkirakan hal ini berhubungan dengan adanya respons terhadap bengkaknya gusi. Juga belum ada penelitian untuk membuktikan bahwa perawatan penyakit pada gusi dapat menguragi efek negatif pada janin. Sekalipun begitu, dengan penelitian ini sebaiknya kita lebih memperhatikan kesehatan mulut dan gigi selama kehamilan berlangsung.

Sumber : Ayahbunda No. 13/29 Juni – 12 Juli 2002
Tanggal entry data : Kamis, 13 Maret 2003

Apa yang Menyebabkan Nyeri Panggul?

Nyeri panggul adalah hal biasa dalam kehamilan, penyebabnya adalah hormon relaksin yang meregangkan ikatan sendi di daerah panggul, yang kemudian menyebabkan timbulnya nyeri pada beberapa wanita yang sedang hamil.

Untuk mengatasinya, hindari terlalu banyak bergerak agar rasa nyeri tidak berlanjut. Bisa juga dengan menggunakan ikat pinggang lebar yang dapat membantu menyangga panggul anda. Yang jelas, biasanya, begitu si kecil lahir, rasa nyeri itu akan menghilang dengan sendirinya.
Sumber : Lisa Nomor 09/Tahun III/4 - 10 Maret 2002, Halaman 13
Tanggal entry data : Kamis, 19 Desember 2002

Hindari Stres selama Hamil!

Menjaga anda, para ibu dari gangguan stres selama kehamilan bukan hanya baik bagi emosi anda, tapi juga akan sangat baik buat perkembangan bayi anda setelah dilahirkan nanti. Ibu yang mengalami stress selama kehamilan akan membuat janin di dalam rahimnya juga ikut-ikutan mengalami stress, degup jantung ibu yang cepat akan membuat janin merasakan getaran-getaran yang tidak biasa yang kalau didiamkan, maka bayi akan menyangka bahwa stres itu merupakan rutinitas sang ibu, bahaya!

Bayi yang dilahirkan dengan pengalaman stres yang menumpuk akan mengalami gangguan-gangguan seperti sulit tidur di minggu-mingu pertamanya dan gampang marah atau menangis. Bila sudah marah atau menangis, bayi tersebut akan sulit sekali ditenangkan. Bahkan, pada acara Tomorrow-Today di Metro TV, hari Selasa, tanggal 13 Agustus 2002, diterangkan bahwa bayi dengan pengalaman stres selama menjadi janin memiliki kecendrungan untuk tidak memiliki ikatan yang kuat dengan ibunya, kasihan sekali bukan?

Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan stres, bagi anda ibu-ibu yang bekerja, untuk sedapat mungkin menghindari stres selama bekerja dan sesampainya di rumah mintalah pasangan anda untuk memijat bagian kaki anda dengan lembut. Selain dapat menghilangkan kejenuhan dan pegal-pegal kaki selama bekerja, cara ini juga dapat menimbulkan rasa tenang bagi anda yang tentunya akan sangat berpengaruh ke janin anda. Setelah itu, kalau anda punya waktu untuk berbincang bertiga antara anda, pasangan dan janin anda juga akan merupakan hiburan yang cukup berarti. Ceritakanlah kegiatan-kegiatan anda pada janin anda, hal tersebut akan membuat janin mengerti mana keadaan yang stres dan mana yang bukan. Waktu terbaik untuk berbincang dengan janin anda adalah sekitar jam 7 sampai 8 malam.
Sumber :
Dikembangkan dari acara Tomorrow-Today, Metro TV, Selasa siang oleh Team Ibuhamildotcom
Tanggal entry data : Selasa, 13 Agustus 2002

Senam Hamil, Sejauh Mana Manfaatnya?

Mungkin bila dilihat dari gerakan-gerakannya, senam hamil hanya sekedar senam, selayaknya olah raga hanya membuat tubuh segar dan bugar. Namun, pengalaman saya membuktikan lain, ternyata senam hamil sangat membantu saya selama proses melahirkan anak pertama kami.

Karena pembukaan tidak juga meningkat dari bukaan dua, akhirnya saya diinduksi, selama induksi kontraksi semakin lama semakin hebat. Nah, pada saat kontraksi semakin hebat, saya sempat lupa segala yang diajarkan pada senam hamil khususnya cara pengambilan nafas yang benar. Pada saat-saat terakhir, dimana kontraksi semakin hebat dan intervalnya semakin dekat, suami saya mengingatkan saya untuk mengatur nafas, persis seperti cara pengaturan nafas selama senam hamil, hasilnya, saya bisa mengatasi rasa sakit yang teramat sangat dengan baik.

Sedikit tips dari saya, jangan berusaha melawan rasa sakit selama kontraksi, karena akan hanya membuat habisnya tenaga dan rasa sakit yang kian hebat karena habisnya tenaga.

Begitu juga pada saat keluarnya bayi kami, manfaat senam hami lebih terasa lagi. Dengan belajar mengedan sepeti di senam hamil, proses pengeluaran anak kami tidaklah terlalu sulit, karena banyak cerita yang mengatakan kalau kita salah mengedan akan mempersulit keluarnya bayi.

Senam hamil sebaiknya dilakukan bersama dengan pelatih yang mengerti, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan setiap tahapnya, kerena kalau hanya membaca tahapan di manualnya akanlah sulit membayangkannya. Bila telah memperolah gambaran yang jelas setiap langkah senam, anda dapat melakukannya setiap hari di rumah. Begitu yang saya lakukan, dengan bantuan suami, setelah kehamilan bulan ke 8, saya melakukan senam hamil di rumah setelah sekali memperolah contoh dari pelatiah di rumah sakit Boromeus Bandung.
Sumber : Rani - Bandung
Tanggal entry data : Selasa, 16 Juli 2002


Posisi Bercinta Selama Kehamilan

Saya dan suami saya biasanya hanya melakukan hubungan seks dengan satu posisi saja, namun posisi tersebut semakin hari semakin tidak nyaman selama kehamilan, kira-kira bagaimana yah posisi berhubungan yang terbaik selama kehamilan?.

Kehamilan dapat merupakan waktu terbaik dimana sebuah pasangan dapat mencoba posisi berhubungan seks yang berbeda atau bervariasi.






bawah, sangatlah harus diperhatikan bahwa selama melakukan hubungan seks semua harus dalam keadaan nyaman. Di usia kehamilan pertengahan, berhubungan seks dengan cara menyamping berhadapan mungkin cocok untuk anda.




kiri, berhubungan seks dengan posisi all-fours mungkin akan menjadi lebih nyaman untuk anda, khususnya di umur kehamilan tua. Perhatikan juga bahwa dalam posisi ini tidak terjadi tekanan terhadap perut dan payudara anda.

kanan, berada di atas pasangan anda dengan kaki mengapitnya memungkinkan anda dapat mengontrol kedalaman dan sudut penetrasi sesuai dengan yang anda inginkan. Posisi ini juga berarti meniadakan tekanan terhadap perut anda.

Sumber : Advice Center - During Pregnancy

Menuju Kehamilan yang Sehat

Kata "hamil" bagi anda yang belum pernah mengalaminya mungkin membuat anda merasa penasaran. Dr. Wiku Andonotopo mengatakan, secara medis, kehamilan dimulai dari proses pembuahan sel telur wanita oleh spermatozoa dari pihak pria. Sel telur yang dibuahi akan berkembang jadi bakal embrio yang kemudian akan menjalani pembelahan sampai menjadi embrio. Bakal janin ini lalu akan menempel di selaput lendir rahim, yang terletak di rongga rahim. Setelah semua ini terjadi, Anda bisa dibilang telah "resmi" hamil.

Untuk mengetahui usia kehamilan Anda, Anda harus mengingat hari pertama haid terakhir yang dialami. Dari situ akan bisa dihitung berapa usia kehamilan dan kapan kira-kira Anda akan melahirkan sang bayi. Biasanya para dokter menggunakan rumus Naegele, yaitu hari pertama haid terkahir ditambah 7, bulan dikurangi , lalu pada anga tahun ditambah 1.

Gejala pertama kehamilan yang akan Anda alami adalah berhentinya siklus haid normal. Kebanyakan ibu hamil akan mengalami mual dan muntah, akibat mulai berpengaruhnya aktivitas hormon-hormon yang muncul dalam kehamilan. Seperti human chorionic gonadotropin (heg). Hormon inilah yang dijadikan tolak ukur tes kehamilan pada beberapa test pack yang tersedia di pasaran.

Gejala lainnya adalah berkurangnya nafsu makan, mengidam, kelelahan, frekuensi buang air kecil yang meningkat, mengalami sembelit, dan kemungkinan Anda akan mengalami perdarahan berbercak dalam kurun waktu sampai 5 minggu usia kehamilan. Hal itu normal dan tak perlu dicemaskan, karena embrio saat itu sedang mengalami proses perlekatan di dinding selaput rahim. Walaupun begitu, sebaiknya Anda segera konsultasikan pada dokter. Kehamilan yang sehat adalah bagaimana Anda dapat menjaga diri Anda dan calon bayi. Dengan olahraga kehamilan dan pola makan yang teratur dapat membantu anda menuju proses melahirkan yang lancar. Sebelum menuju kehamilan itu sendiri, ada baiknya mulai sekarang Anda harus menyiapkan mental Anda dan mulailah dengan menjalani pola hidup sehat.

Sumber : Cosmopolitan Edisi Juni 2004 / Hal. 242.
Tanggal entry data : Sabtu, 16 Oktober 2004

Bahaya Hubungan Seks Saat Haid

Vagina yang biasanya dilumuri lendir pencegah terjadinya infeksi ketika haid tergantikan oleh aliran darah haid untuk dikeluarkan. Nah, hubungan seks yang dilakukan pada saat itu dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Hubungan seks saat haid bisa menyebabkan aliran darah haid berbalik dan menimbulkan infeksi pada rongga panggul, kondisi ini kemudian bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya melalui pembuluh darah yang terbuka di permukaan rahin saat haid.

Beberapa penelitian bahkan membuktikan kalau infeksi penyakit menular seksual, seperti gonorhea, HIV, dan berbagai penyakit lainnya juga meningkat pada wanita yang melakukan hubungan seksual pada saat sedang haid. Akibat lanjut dari infeksi ini adalah kemungkinan terjadinya perlengketan alat reproduksi sehingga fungsi organ reproduksi pun menjadi terganggu, sehingga proses kehamilan menjadi sulit terjadi. Selain itu, perlengketan alat reproduksi tadi juga dapat menyebabkan nyeri panggul yang cukup parah.
Sumber : Lisa Nomor 32/Tahun III/12 - 18 Agustus 2002, hal.15
Tanggal entry data : Rabu, 11 September 2002

Kapan Bayi Anda Mulai Minum Susu Sapi Segar?

Kebanyakan Dokter Anak menganjurkan untuk menunggu hingga anak Anda berumur 12 bulan baru boleh untuk memberinya susu sapi murni. Pertama-tama, susu sapi murni tidak memenuhi vitamin dan ion yang cukup untuk pertumbuhan anak Anda pada usia dini. Kedua, memperkenalkan susu sapi murni secara dini kepada bayi Anda akan menyebabkan alergi atau iritasi pada isi perut bayi Anda, seperti kata Debby Demory-Luce, R.D., instruktur di Balai Penelitian Nutrisi dan Kesehatan Bayi, Houston, Amerika Serikat. Jika anak Anda sudah mulai sangat gemuk sekali, cobalah untuk merubah pola minum susunya sedini mungkin, seingga dia akan mendapatkan nutrisi yang lebih dari makanannya, bukan dari susu formula atau ASI.

Pada saat anak Anda berumur 9 bulan, seharusnya dia minum tidak lebih dari 16 sampai 20 ons ASI per harinya. Jika Anda sudah siap untuk memperkenalkan susu sapi pada anak Anda, berikanlah 4 ons susu sapi tersebut di dalam cangkir kecil pada saat dia makan. Kebanyakan anak tidak akan menyadari bahwa susu yang biasa dia minum itu berbeda rasanya. Tetapi jika Anda melihat tanda-tanda alregi atau iritasi anak Anda seperti diare atau muntah, konsultasikan segera pada dokter Anda, yang mungkin akan memberi saran dengan menggunakan alternatif lain yaitu dengan meminum susu kedelai saja.

Sumber : Parents Edisi Mei 2002 / Hal. 71
Tanggal entry data : Sabtu, 16 Oktober 2004

Menstimulasi anak sejak dalam kandungan

Sejak mengetahui bahwa aku hamil maka aku mulai menmbeli dan membaca beberapa buku yang berhubungan erat dengan kehamilanku terutama pendidikan anakku sejak dalam kandungan. Sejak usia kehamilanku menginjak lima bulan aku mulai mendengarkan dia dengan musik klasik dan juga berusaha untuk mengajak anakku ngobrol. Tiap pagi dan malam menjelang tidur suamiku memngucapkan salam dan membacakan penggalan ayat suci Al-Quran untuk buah hatiku itu, hasilnya setiap malam apabila papanya belum mengucapkan salam dia akam bergerak terus, tetapi bila sudah di ajak ngobrol dan mengucap salam gerakan dia dalam kandungan akan berkurang dan menjadi tenang sehingga saya bisa beristirahat. Dan apabila dia di perdengarka musik klasik dia pasti merespon dengan tendangan seolah dia mengerti bahwa ini adalah musik saya

Aku dan suami juga biasa mengajak dia bermain sebelum tidur, kami biasa menamakan permainan ini dengan nama "sepak bola" yaitu, dengan merangsang dia untuk menendangkan kakinya dimana tangan suami atau tanganku diletakkan, awalnya memang sulit tetapi lambat laun dia akan mengertyi bahwa dia sedang diajak bermain oleh mama dan papanya...
Sumber : Ani Sistarina - Surabaya
Tanggal entry data : Jum´at, 27 Februari 2004


Beberapa tips untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI

1, Sejak kehamilan menginjak bulan ketujuh sebaiknya rajin mengompres payudara dengan air hangat setiap hari mandi pagi dan sore masing-masing 10 menit untuk satu payudara. Setelah melahirkan gunakan kompres hangat- dingin bergantian.
2. Banyak minum dan mengkonsumsi cairan. Jangan lupa mengkonsumsi susu.
3. Memakai saputangan handuk yang diletakkan diantara bra dan payudara. Usahakan untuk selalu memakai baju berlengan.
4. minum kaldu ayam : 1/2 kg ayam + 1/4 kg jahe (dimemarkan), 4 batang lengkuas (dimemarkan), 1 buah jeruk nipis (ambil airnya), 1 liter air ,garam secukupnya. seluruhnya direbus sampai kira2 10 menit mendidih. diminum sebelum dan sesudah menyusui. hal ini dilakukan setiap harinya minimal selama pemberian asi ekslusif.
5. makan makanan yang bergizi. hindari terlambat makan.
6. mengkonsumsi sayur daun katuk dan kacang-kacangan.
7.istirahat cukup.jaga kestabilan emosi. usahakan selalu ceria, berpikiran positif dan menjaga Semangat Menyusui.
Sumber : Ibu Roro - Jakarta
Tanggal entry data : Sabtu, 14 Februari 2004

Beberapa Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan yang Terjadi Pada Bayi dalam Hal Tertelannya Benda-Benda Asing

Pertama yang Harus Di Cek Adalah:
Benda apa yang sudah tertelan? Sejak kapan sudah tertelan? Seberapa banyak yang telah tertelan? Apakah dengan tiba-tiba wajah anak menjadi pucat dan marah-marah?.

Memastikan Ke Dalam Mulut
Karena cara memberikan pertolongan pertama didalam hal ini berbeda-beda menurut benda asing yang tertelan, periksalah selalu sampai ke dalam mulut. Jepitlah kedua belah pipi anak dengan jari dan bukalah mulutnya. Periksalah dengan tenang “Apakah benda asing itu, dan ada di mana?”.

Apabila Telah Tertelan
Dalam hal benda asing yang tertelan itu masih tersisa didalam mulut, keluarkanlah perlahan-lahan dengan memasukan jari anda. Karena ada kemungkinan benda yang tersisa terdorong sampai ke mulut bagian dalam, maka sangatlah berbahaya apabila anda berusaha dengan paksa mengorek-ngorek benda asing yang ada di mulut bagian dalam.

Apabila baik untuk dimuntahkan, bukalah mulut anak lebar-lebar, tekanlah lidah yang terdapat dibagian paling dalam, dan setelah itu berusahalah membantu anak untuk memuntahkan benda tersebut. Ketika hal itu menimbulkan gejala shock dan kejang-kejang, maka segeralah bawa anak ke rumah sakit tanpa menyuruhnya memuntahkan benda yang tertelan itu.

Apabila Menyumbat Tenggorokan
Bukalah mulut anak dengan menggunakan jari tengah anda dan telungkupkanlah, di antara tulang belikat dan tulang belikat dengan menggunakan telapak tangan tepuk-tepuklah dengan keras sebanyak 5 kali, usahakanlah agar tepukan mendorong ke arah atas. Dalam hal berat badan anak terasa berat, dan apabila ketika ditelungkupkan pada lengan anda merasa sakit, tidak ada salahnya apabila ditelungkupkan di atas paha.

Ketika dalam Keadaan Begimi, Segeralah Bawa ke Rumah Sakit
- Ketika berwajah pucat, susah bernafas
- Ketika ada kemungkinan akan melukai kerongkongan - Ketika dengan jelas keadaannya terlihat berbeda dari biasanya
Catatan:
Apabila anda mengalami kesulitan di dalam memberikan pertolongan pertama, segeralah bawa anak anda ke rumah sakit.

Koin
Koin yang tertelan dapat dipastikan dengan melihat kotoran yang keluar ketika sedang buang air besar. Biarkanlah keluar dengan alamiah. Apabila terserang batuk dengan tiba-tiba, dan lain-lain, dan koin menyangkut di tenggorokan, segeralah berusaha membantu anak anda untuk memuntahkannya.

Rokok (2 Centimeter Lebih)
Berusahalah membantu anak anda untuk memuntahkannya dan bawalah ke rumah sakit. Apabila rokok yang tertelan hanya sedikit, perhatikanlah keadaannnya dengan serius dalam jangka waktu yang panjang, segeralah bawa ke rumah sakit apabila terlihat gejala berwajah pucat, tidak bergairah, muntah-muntah, dan lain-lain.

Batu Baterai
Dengan tidak ada gejala sakit sebagian besar dalam 2 atau 3 hari dapat keluar ketika buang air besar akan tetapi menurut di tempat mana baterai telah terhenti karena memerlukan pertolongan dokter, maka segeralah periksakan anak anda.

Apabila terjilat cairan dari dalam batu baterai yang bocor, berilah anak anda minum air putih atau air susu murni, dan bersihkanlah mulutnya.

Batu Baterai Berbentuk Kancing
Apabila berhenti di saluran pencernaan, dalam beberapa jam ada kemungkinan akan menimbulkan gejala yang menyerupai luka bakar. Apabila anda merasa ragu apakah benar-benar telah tertelan, segeralah bawa anak ke rumah sakit dan apabila ada bawalah juga batu baterai berbentuk kancing dari jenis yang sama dgn yg telah tertelan tadi.

PakuU Payung, Jarum
Apabila tertelan benda-benda yang runcing, segeralah bawa anak anda ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan. Janganlah menyuruh anak untuk memuntahkannya karena hal ini akan menyebabkan terlukanya kerongkongan.

Mainan, Anting, Cincin
Tidak perlu khawatir akan keracunan, akan tetapi apabila telah tertelan benda yang berujung runcing, janganlah menyuruh anak untuk memuntahkannya, dan bawalah segera ke rumah sakit. Sampai anak dapat memahami benda-benda yang mana yang berbahaya dan benda-benda mana yang tidak berbahaya, yang terbaik adalah tidak mengenakan perhiasan anting, dan lain-lain pada buah hati anda.

AIR RAKSA (yang Terdapat di dalam Termometer)

Air raksa logam yang hanya terhisap dalam jumlah yang sangat sedikit, karena hampir tidak ditemukan kandungan racun, maka berilah anak minum air susu murni agar supaya anak terdorong untuk melakukan buang air besar. Apabila air raksa terhisap, maka pindahlah ke tempat yang udaranya bersih, keluarkanlah ingusnya, dan berkumur-kumurlah.

Parfum (Minyak Wangi)

Bahan-bahan yang dipergunakan didalam pembuatan semua parfum dikhawatirkan apabila tertelan akan menimbulkan keracunan. Apabila yang tertelan jumlahnya hanya sedikit, maka perhatikanlah keadaan anak anda dan apabila timbul gejala sakit, segeralah bawa ke rumah sakit. Dalam hal yang tertelan lebih dari satu teguk, bantulah anak anda untuk memuntahkannya dan bawalah ke rumah sakit.

Kopi, Kopi Bubuk
Karena dikhawatirkan akan keracunan kafein, apabila telah tertelan dalam jumlah yang banyak, berusahalah membantu anak anda untuk memuntahkannya, setelah itu bawalah segera ke rumah sakit. Sesaat setelah tertelan yang perlu diperhatikan adalah adanya gejala muntah-muntah dan keadaan emosi anak. Marilah kita melakukan pertolongan yang sama apabila anak telah dengan tidak sengaja menelan teh dalam jumlah yang banyak.

Sabun Cair Pencuci Piring
Sabun cair itu sendiri terbuat dari bahan-bahan yang mengandung racun rendah.Apabila tertelan hanya oleh setaraf bayi, gejala berat akan sulit terjadi. Berilah minum air susu murni dan putih telur lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum jumlahnya banyak, setelah membantu anak memuntahkannya bawalah segera ke R.sakit.

Deterjen (Sabun Bubuk Pencuci Baju)

Apabila telah tertelan hanya oleh setaraf bayi, tidak akan menimbulkan gejala yang berat. Berilah anak minum air susu murni atau putih telur lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum jumlahnya banyak, setelah membantu anak memuntahkannya bawalah segera ke rumah sakit.

Bahan Cair Pembersih Toilet
Apabila telah tertelan, maka berilah anak minum air susu murni atau putih telur. Bawalah anak anda segera ke rumah sakit dan bawalah pula botol dari cairan yang terminum tersebut. Janganlah memberi anak minum soda, juice, yoghurt atau cuka.

Bahan Cair Pemutih Pakaian
Apabila telah tertelan, maka berilah anak minum air susu murni atau putih telur dan setelah itu bawalah segera ke rumah sakit. Janganlah menyuruh anak untuk memuntahkannya. Karena akan memperburuk keadaan, janganlah memberi anak minum juice dan cuka. Karena gejala akan dapat muncul didalam beberapa saat setelah terminum, maka periksakanlah segera anak anda.

Aseton (Pembersih Cat Kuku)
Aseton adalah kosmetik yang sangat berbahaya yang mengandung racun tinggi. Sulit menyerap dari kulit, akan tetapi apabila tertelan dapat menyerap ke dalam tubuh dengan cepat. Tanpa menyuruh anak untuk memuntahkannya, bawalah segera ke rumah sakit.

Obat-Obatan
Pada dasarnya, setelah anak diberi minum air putih suruhlah untuk memuntahkannya. Hanya saja karena didalamnya terdapat juga yang mengandung bahan obat-obatan luar biasa, maka periksalah dengan pasti nama obat yang tertelan dan segeralah hubungi rumah sakit.

Krayon
Apabila yang termakan hanya 1 batang saja, khususnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Perhatikan saja keadaannya, apabila telah muncul gejala sakit, periksakanlah ke rumah sakit. Ketika ada kemungkinan masuk ke saluran pernafasan, karena akan menyebabkan kesulitan bernafas, dan lain-lain, bagaimanapun juga bawalah anak segera ke rumah sakit.

Shampoo, Conditioner
Apabila telah menelan shampoo, berilah minum air susu murni, dalam hal yang tertelan jumlahnya banyak, maka berusahalah membantu anak untuk memuntahkannya. Begitu juga apabila yang tertelan adalah conditioner, berilah anak minum air susu murni dan bantulah untuk memuntahkannya. Dalam hal yang tertelan lebih dari satu teguk, bawalah segera anak anda ke rumah sakit tanpa menyuruhnya memuntahkan benda yang tertelan tadi.

opok Kertas (Diaper), Tissue, Kertas
Karena tidak ada kekhawatiran akan menimbulkan keracunan, maka berilah anak minum air putih dan perhatikalah keadaannya. Pastikanlah selalu apakah tenggorokannya tidak tersumbat. Di dalam 1 atau 2 hari karena secara alamiah akan keluar ketika buang air besar, maka periksalah kotoran yang telah dikeluarkannya itu.

Cairan Penyegar, Susu Pembersih Wajah (Kosmetik)
Apabila yang tertelan adalah cairan penyegar, bantulah agar anak berusaha memuntahkannya. Apabila yang tertelan lebih dari dua teguk, segeralah bawa ke rumah sakit. Karena memiliki kandungnan racun yang rendah apabila susu pembersih wajah telah terminum, maka berilah anak minum air putih lalu perhatikanlah keadaannya. Apabila telah timbul gejala sakit, bawalah anak ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan.

Pasta Gigi (Odol)
Apabila yang telah tertelan pasta gigi yang tidak mengandung fluor, maka perhatikan sajalah keadaan anak anda.. Apabila telah tertelan pasta gigi yang mengandung fluor dalam jumlah yang banyak, berilah minum air susu murni, setelah anak memuntahkannya bawalah ke rumah sakit.

Minuman Beralkohol
Apabila sesaat sebelum termimunnya minuman beralkhohol anak anda minum air susu murni, maka penyerapan alkhohol ke dalam tubuh akan berjalan dengan lambat, akan tetapi berhati-hatilah meskipun tidak terlihat gejala apa-apa. Apabila telah tertelan, berilah minum air putih atau air susu murni kemudian perhatikanlah keadaannya, apabila timbul gejala kurang baik, berusahalah membantu anak untuk memuntahkannya, dan setelah itu bawalah ke rumah sakit.

Obat Pembunuh Serangga
Pembunuh serangga mengandung bahan-bahan obat yang sangat berbahaya. Walaupun hanya tercicipi sedikit, tanpa menyuruh anak untuk memuntahkannya, segeralah bawa ke rumah sakit dan bawalah kaleng obat tersebut. Begitu juga ketika bahan cair dan airrosol masuk ke tenggorokan, lakukanlah pertolongan yang sama dan bawalah ke rumah sakit.

Kapur Barus
Apabila kapur barus termakan oleh anak anda, maka berilah minum air putih. Janganlah sekali-kali memberinya minum air susu murni. Tanpa menyuruh anak anda memuntahkannya, segeralah bawa ke rumah sakit.

Obat Nyamuk Berbentuk Batang, Obat Nyamuk Berbentuk Mat, Kemenyan
Apabila telah tertelan hanya oleh setaraf bayi, diantara ketiga benda tersebut semuanya hampir tidak akan menimbulkan keracunan. Bersihkanlah mulutnya dan perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum adalah obat nyamuk cair, tanpa memberinya minum dan tanpa menyuruh anak untuk memuntahkannya, segeralah bawa ke rumah sakit.

Naftalin
Kalau hanya terjilat sedikit saja, berilah minum air putih lalu perhatikanlah keadaannya. Apabila sudah termakan, berilah minum air putih dan suruhlah anak untuk memuntahkannya, setelah itu bawalah ke rumah sakit.

Pengawet Makanan (Silica Gel)
Karena apabila tertelan tidak menyerap ke dalam tubuh, maka hampir tidak menimbulkan gejala keracunan. Berikanlah minum air putih lalu perhatikanlah keadaannya. Apabila selaput lendir bagian dalam mulut memerah, periksakanlah segera ke dokter.

Pengawet Dingin
Tidak menjadi masalah apabila yang termakan jumlahnya sangat sedikit. Berilah anak minum air putih atau air susu murni lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal telah termakan dalam jumlah yang banyak, setelah menyuruh anak memuntahkannya segeralah bawa ke rumah sakit.

Asam Boraks
Apabila asam boraks telah tertelan, maka akan menyerap ke dalam tubuh dengan cepat melalui saluran pencernaan dan selaput lendir, akan tetapi bisa juga memakan waktu berjam-jam untuk bisa melihat gejala yang ditimbulkannya. Kalau sudah termakan, berilah anak minum air putih atau air susu murni, dan setelah menyuruh anak memuntahkannya bawalah segera ke rumah sakit emergency.

Tanaman Hias
Di antara tanaman hias ada juga yang mengandung racun, berhati-hatilah. Apabila termakan oleh anak, maka segeralah cuci mulutnya dengan bersih lalu perhatikanlah keadaannya, apabila muncul suatu gejala sakit, segeralah bawa anak ke rumah sakit dan bawa juga tanaman hias yang termakan itu.

Semoga beberapa tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : Ivany, Yokohama - Jepang
Tanggal entry data : Sabtu, 27 Desember 2003

Memulihkan Elastisitas Otot Vagina

Saya, seorang ibu berumur 20 tahun dari 2 orang anak berusia 2 tahun dan 3,5 bulan. Saya khawatir kehidupan seks antara saya dan suami terganggu karena kehadiran si kecil yang agak terlalu dini. Adakah metode yang dapat mengembalikan elastisitas otot-otot vagina saya?.

Memang, kelahiran anak-anak dapat mengakibatkan kendurnya otot-otot sekeliling vulva yang biasa kita kenal dengan sebagai otot pubococcigeus (PC). Untuk masalah ini, Kegel telah menemukan suatu latihan yang cukup sederhana, sehingga mudah mengerjakannya. Yang diperlukan hanya ketekunan melakukannya. Latihan harus dilakukan beberapa kali sehari, selama kurang lebih 6 minggu. Latihan ini tidak memerlukan waktu khusus, artinya, bisa dilakukan di mana saja, bahkan sambil mencuci pakaian atau memasak

Latihan ala Kegel ini terdiri dari 3 tahapan. Pertama, Anda harus mengenali dulu keberadaan otot-otot ini dan fungsi kerjanya. Saat buang air kecil, sambil duduk di atas keloset, coba hentikan pancaran air seni dengan mengincupkan otot-otot ini, kemudian kendurkan lagi, sehingga pancaran air seni kembali lancar. Bila Anda telah menghentikan dan melepas kembali, maka Anda telah berhasil mengidentifikasi adanya otot-otot ini dan bagaimana ia bekerja

Tahap berikutnya dilaksanakan serupa dengan tahap pertama, yaitu dengan mengincupkan otot-otot ini dengan mengendurkannya lagi setelah beberapa saat. Tahap ini dapat dilakukan tanpa harus sedang buang air kecil. Lakukan beberapa kali dalam sehari, sesudah itu, coba Anda lakukan tahap ketiga yang serupa, yaitu mengincupkan dalam mengendurkan, tetapi kali ini pengincupan dilakukan lebih lama dan lebih keras. Ini juga dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk jangka waktu tertentu pula. Sesudah kira-kira 1 - 2 bulan, semoga kondisi Anda telah puliha kembali.
Sumber : Info Kita lembar ke 4, Majalah Femina No.34/XXVII, 2 - 8 September 1999
Tanggal entry data : Senin, 04 Nopember 2002

Susu ASI Sulit Keluar Ketika Bayi Lahir

Keadaan ini sering sekali terjadi pada ibu-ibu yang baru melahirkan anak pertamanya, yang kemudian membuat para ibu-ibu tersebut sedih dan bingung dan menyimpulkan bahwa air ASInya tidak keluar dan beralih ke susu formula. Pada acara Selamat Datang Pagi, RCTI, Jumat 2 Agustus 2002, dr. Utami Rusli menyatakan bahwa, memang air ASI tidak telalu banyak diproduksi pada saat tersebut karena memang pada saat itu bayi tidak membutuhkan terlalu banyak, beliau menyatakan bahwa pada hari 1 - 5, ASI hanya keluar sekitar 1 cc per jam sesuai dengan kebutuhan bayi. Namun, 1 cc ASI tersebut merupakan ASI yang sangat berkualitas dan sangat diperlukan oleh bayi, oleh dari itu, sangatlah penting bila bayi bisa langsung menyusui ibunya ketika ia baru saja dilahirkan.

Patut diketahui, seorang bayi yang baru lahir telah dengan alami mengetahui bagaimana menyusu dari ibunya, tinggal bagaimana para ibu dapat mengakomodasi kebutuhan bayinya, sedikit tapi sangat berkualitas. Perjuangan yang melelahkan pada awal-awal menyusui dapat membuahkan hasil yang sangat berguna di kemudian hari, baik bagi bayi, ibu dan hubungan keduanya
.

Sumber : Team Ibuhamildotcom
Tanggal entry data : Sabtu, 03 Agustus 2002

Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita dengan Cepat dan Pasti ! Tips Ampuh untuk Orangtua yang Keduanya Bekerja

Tiga Tahun Pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang paling sensitif, yang akan sangat menentukan perkembangan otak dan kehidupannya di masa mendatang, mengapa begitu ?.

Bagian Terpenting tubuh kita, yaitu otak , tumbuh dengan sangat pesat pada awal kehidupan, dan akan mencapai 70-80% pada 3 tahun pertama ! Bayangkan ! Otak yang begitu penting ini ternyata sebagian besar ditentukan pada awal kehidupan kita.
Saya sempat shock membaca hasil penelitian ini ! Artinya, jika anda menginginkan anak anda tumbuh dengan kondisi yang terbaik, maka anda harus menginvestasikan waktu dan apapun pada 3 tahun pertama ini, lebih dari waktu yang lain. Jika anda mengabaikan begitu saja rentang waktu 3 tahun pertama ini, maka anak anda tidak akan berkembang dengan maksimal, dan anak anda akan menjadi anak yang biasa-biasa saja. Apakah itu yang anda inginkan ? Tentu saja tidak !

Jika kita sebagai orangtua bisa melakukan yang terbaik bagi anak, maka itulah kewajiban kita untuk memberikan hak anak kita.
Di buku berbahasa Jepang yang berjudul "Anak Cerdas dengan IQ 200 Ditentukan oleh Ibunya", dicantumkan hasil interview terhadap banyak sekali ibu yang berhasil mendidik anaknya menjadi sangat cerdas sekali. Intinya, peran ibu yang benar pada 3 tahun pertama akan sangat menentukan kecerdasan anaknya. Maksud kata yang "benar" disini, tidak ada hubungannya apakah sang ibu tersebut bekerja ataukah sebagai ibu rumah tangga secara full-time. Disini saya akan sampaikan tips yang sangat ampuh yang harus dilakukan oleh ibu, terutama ibu yang bekerja karena waktu bersama dengan anak sangat terbatas. Tetapi sebenarnya juga perlu diperhatikan oleh ibu rumah tangga yang full-time, karena biasanya, karena merasa punya waktu banyak dengan anak, tetapi justru tidak segera dilakukan dengan konsisten. Apa saja tips tersebut ?

pertama ,
Berikan waktu 1 jam khusus setiap harinya, tanpa boleh diganggu gugat oleh kegiatan lain, untuk anak anda untuk berinteraksi dengan kegiatan yang efektif bagi perkembangan kecerdasannya. Untuk memberikan gambaran yang nyata, saya terjemahkan saja garis besar salah satu hasil wawancara di buku yang saya sebutkan diatas tadi.

Seorang ibu yang sekaligus wanita karir yang bernama Sakane berhasil mendidik anaknya, Akio (3 th 5 bln) mencapai IQ 198.
(catatan : IQ rata-rata anak pada umumnya adalah 90 s.d. 109). Sebagai seorang wanita karir, Ms. Sakane terpaksa harus menitipkan Akio di TPA (Tempat Penitipan Anak) sejak usia 3 bulan, dari pagi dan dijemput jam 5:30 sore. Tiba di rumah biasanya sekitar jam 6 lebih.
Setelah itu, sebelum menyiapkan makan malam pada jam 7:30, Ms. Sakane memberikan waktu khusus selama 1 jam kepada Akio untuk melakukan program pendidikan anak.
Ms. Sakane bercerita, "Karena saya bekerja, waktu 30 menit sebelum membawa Akio ke TPA dan 1 jam setelah pulang ke rumah merupakan waktu yang sangat berharga. Waktu 1 jam ini, jika saya melakukan hal-hal lain yang bermacam-macam akan menjadi waktu yang hilang begitu saja. Tetapi waktu 1 jam ini saya tentukan khusus untuk Akio, tanpa melakukan hal lain apapun juga. Saya gunting gambar-gambar binatang dan gambar yang menarik lainnya dari buku/majalah, kemudian saya buat kartu bergambar dan saya tunjukkan kepada Akio satu-per-satu. Pada awalnya saya berpikir, apakah ada artinya saya mengajarkan hal-hal kecil ini. Tapi, karena saya pernah mendengar bahwa hal ini sangat baik untuk "olah raga" otak, maka saya teruskan juga. Anak saya sepertinya sangat senang sekali melihat gambar yang berubah dengan cepat dan terus-menerus, dia melihatnya dengan sungguh-sungguh. Pada awalnya saya khawatir apakah hal ini ada hasilnya, tetapi begitu Akio mulai bisa bicara, saya menjadi yakin dan berpikir, " Oo.. ternyata dia mengerti !".

Setelah itu saya perkenalkan dengan "DOTS CARD" (kartu untuk belajar berhitung), dan menjadi mahir berhitung tambah-kurang-kali-bagi.
Sekarang Akio sudah mulai bisa perhitungan "akar" dan persamaan tingkat tinggi. Sayapun menjadi bangga kepada diri saya sendiri. Sekarang, jika saya pulang, dia langsung membawa dots card dan berkata, "Mainan ini yoook....". Dari situ kita bisa melihat bahwa jika waktu yang sebentar itu hanya untuk bermain yang tidak jelas, maka waktu tersebut akan hilang begitu saja. Dengan hal-hal seperti diatas, akan besar sekali manfaat yang diperoleh oleh anak kita. Pengalaman saya sendiri, setelah beberapa bulan menerapkan hal yg sama kepada kedua anak saya, Rihan (4 th) dan Afi (1 th 4 bln), hasilnya cukup mulai kelihatan. Rihan sudah sangat lancar membaca Bahasa Jepang (huruf Hiragana dan Katakana) sejak usia 3 tahun. Untuk Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, kelihatan berkembang dengan lebih baik berkat penerapan kartu bergambar tersebut (istilah populer dalam pendidikan anak adalah FLASH CARD). Sedangkan Afi, walaupun belum bisa berbicara, sudah kelihatan sekali senang dengan huruf dan buku. Bangun tidur pagi, dia biasanya langsung mengambil bukunya untuk minta dibacakan ataupun dia lihat-lihat sendiri. Kelihatan sangat lucu sekali melihat anak seusia Afi \"membaca\" buku sendiri sambil kadang-kadang mengeluarkan suara yang bermacam-macam :)

Jadi, jika anda belum melakukan hal yang sama,
segera anda lakukan permainan ini kepada anak anda. Cukup hanya 1 jam sehari, tetapi pengaruhnya sangat luar biasa..... dan ini sudah terbukti! Di buku yg saya sebutkan di atas dikatakan bahwa saat ini di Jepang sedang terjadi "revolusi secara diam-diam" dalam pembelajaran anak usia dini ( 0 s.d. 3 Tahun ). Dan sayapun merasakannya dengan melihat semakin banyaknya masalah pembelajaran usia dini dibahas di media massa. Selain itu, di grup 4 tahun sekolahnya Rihan (selevel TK A di Indonesia (?)), semuanya sudah lancar membaca. Jika kita tidak segera melakukan hal yang sama kepada anak-anak kita, akan semakin tertinggallah bangsa kita ini ! Marilah kita ikut mencerdaskan generasi masa depan kita dengan dimulai dari keluarga kita sendiri.

Tips yang kedua ,
Untuk para orangtua yang bekerja, anda perlu memonitor dan memberikan pengarahan yang benar kepada babysitter atau siapa saja yang mengasuh anak anda tentang kegiatan yang perlu dilakukan oleh anak anda selama anda tidak di rumah. Buatlah daftar kegiatan anak anda dengan jelas, sehingga babysitter anda tahu apa yang harus dilakukan setiap harinya dalam hal kegiatan yang mampu memberikan stimulasi pada perkembangan kecerdasan anak, baik kecerdasan intelektual, emosi maupun perkembangan fisik dan sosialnya. Jangan sampai babysitter anda hanya bertugas menjaga saja, tanpa memberikan stimulasi-stimulasi yang sangat diperlukan oleh anak anda. Akan sangat kasihan sekali anak anda nantinya, jika lingkungannya di masa yang sangat haus akan stimulasi ini ternyata tidak memberikan hak-nya yang akan menjadi harta yang paling berharga di masa depan.

Cara yang pernah kami lakukan ternyata sangat efektif dan mudah diikuti oleh babysitter kami dulu. Sayangnya, cara pembuatan daftar tersebut tidak bisa dijelaskan dengan baik melalui artikel ini, karena diperlukan gambar tabel kegiatan. ika anda mempunyai eBook "3 Tahun Pertama yang Menentukan", saya anjurkan sekali untuk segera menerapkan cara kami tersebut, seperti yang dijelaskan di bagian "Memilih Pengasuh Anak yang Berkualitas", yang merupakan salah satu dari "10 Tindakan Penting untuk Merangsang Perkembangan Otak Anak".

Jika anda belum punya eBook "3 Tahun Pertama yang Menentukan", saya anjurkan sekali untuk segara mendapatkannya, karena informasi yang tersedia sangat penting untuk diterapkan demi masa depan anak anda. Ingatlah selalu, waktu terpenting dalam kehidupan anak anda terus berjalan dengan cepat.

IT'S NOW OR NEVER !
Selamat menerapkan tips diatas dengan konsisten setiap harinya.
Sumber :
Taufan Surana - Jl. Hercules J-38, Halim PK, Jakarta
Seorang pemerhati perkembangan anak balita, sekaligus penulis buku elektronik panduan lengkap dalam mengasuh anak menjadi cerdas yang sangat populer yaitu "3 Tahun Pertama yang Menentukan". Untuk info lebih lanjut, kunjungi website www.balitacerdas.com atau kirimkan email kosong ke babybrain@getresponse.com
Tanggal entry data : Kamis, 09 Mei 2002

Perkembangan Kemampuan Bicara Balita

Usia 15 - 18 bulan

· Menyimak adegan di TV bila Anda dampingi

· Melaksanakan secara runtun instruksi-instruksi sederhana, misalnya, segera memberi mainan yang dipegang ketika anda memintanya.

· Mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari 2 kata, misalnya "dah bis" (sudah habis). Sering mengatakan "tidak", yang mungkin akan terdengar sebagai "nggak".

· Menyebutkan 3 anggota tubuhnya, seperti mata, rambut dan telinga.

Usia 18 - 24 bulan

· Mulai memahami kalimat yang relatif panjang dan bisa mengerti penjelasan Anda.

· Menirukan cara dan gaya tubuh Anda ketika berbicara.

· Menyebutkan namanya sendiri bila menginginkan sesuatu.

· Mampu berbicara dalam kalimat yang terdiri atas 2 kata, misalnya, "Ayu pipis" atau "Avi minum".
Sumber : Ayahbunda No.01, 12 -25 Januari 2002, hal.35
Tanggal entry data : Selasa, 30 April 2002

Jangan Mengguncang Bayi Terlalu Keras !

Tujuan awal untuk menimang-nimang si buah hati adalah untuk menenangkannya dari kerewelan atau agar ia segera tertidur, tetapi, karena terlalu keras melakukannya, sehingga menyerupai guncangan, akibatnya malah bisa fatal bagi bayi. Shaken Baby Syndrome, adalah cedera yang diderita bayi atau balita akibat diguncang keras-keras. Akibat goncangan keras ini, bagian paling parah yang mengalami cedera biasanya adalah otak.

Keadaan itu terjadi karena saat bayi diguncang, otak dan tulang tengkorak bergerak ke arah yang berlawanan secara berulang kali, akibatnya, bisa terjadi kerusakan pada pembuluh darah halus yang memang masih rentan pada bayi, sehingga terjadi perdarahan. Bila perdarahan terjadi di dalam otak atau retina mata, dapat menimbulkan kebutaan, paralisis (kelumpuhan), serangan jantung, retardasi mental, bahkan kematian.

Dua gejala yang dapat membuktikan terjadinya Shaken Baby Syndrome adalah,

· Subdural hematoma (pembengkakan di bawah selaput keras otak)

· Retinal haemorrhagin (perdarahan pada retina mata).

Goncangan terlalu keras biasanya dilakukan ketika orang tua panik dalam usaha menenangkan anaknya yang menangis rewel, oleh karena itu, jika anak rewel dan semua usaha untuk menenangkannya telah diupayakan, misalnya menimang atau memutarkan musik lembut namun tidak berhasil juga, maka pengasuh atau orang tua disarankan meninggalkan diri dulu sebelum melakukan tindakan selanjutnya.
Sumber : Ayahbunda No.01, 12 -25 Januari 2002, hal.24
Tanggal entry data : Sabtu, 27 April 2002

Kenapa Harus Dicadelkan Bicaranya?

Sering kali, kita sebagai orang tua atau orang yang dituakan oleh seorang bayi berusaha berempati dengan berbicara cadel kepada sang bayi, dengan anggapan bahwa sang bayi akan mengerti apa yang kita katakan. Hal tersebut merupakan hal tidak tepat, dengan berbicara seperti kepada orang dewasa akan membantu sang bayi untuk lebih mengerti karena apa yang didengar bayi dari pembicaraan kita dengan sesama orang dewasa sama dengan apa yang didengar ketika orang tuanya berbicara kepadanya. Bila bayi berbicara dengan cadel itu karena dia belum mampu untuk melafalkannya, dengan selalu mendengarkan yang benar, bayi akan otomatis berbicara dengan benar bila ia telah mampu, apa jadinya bila bayi telah beranggapan bahwa yang dilafalkannya telah benar dengan kita berbicara cadel kepada bayi kita, maka akan sampai besar ia menganggap lafal cadel yang biasa ia lafalkan adalah benar.

Kejadian ini terjadi kepada saya, dulu, ketika saya kecil, saya tidak mampu melafalkan "le" pada panggilan "bulek", maka saya melafalkannya dengan panggilan "ye", namun karena orang tua saya juga mengikuti saya memanggil dengan lafal "ye", maka sampai detik ini, salah satu bulek saya saya panggil dengan lafal "yeye", lucu bukan, bahkan, adik-adik saya pun memanggil bulek tersebut dengan panggilan "yeye".

Sekarang, Yeye sedang berjuang melawan tumor di otaknya, semoga Yeye selalu dilindungi oleh Allah Swt yah Ye.. dan semoga lekas sembuh.. amin!
Sumber : Ramah Handoko - Ibuhamildotcom
Tanggal entry data : Kamis, 18 April 2002


Teknik Bertanya Mengasah Kreatifitas Anak

Agar si kecil semakin terasah kemampuan kreativitasnya, Anda perlu memberikan rangsangan-rangsangan yang dapat mengasah kemampuan ini. Salah satunya dengan memberikan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengembangkan kreativitasnya. Berkut ini beberapa tekhnik bertanya yang dapat memacu kemampuan kreativitas bila si kecil berumur 5 tahun.

- Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya meminta penjelaan atau memberi label, serta mendemonstrasikannya. Misalnya, 'Daun warnanya apa saja?", atau "Bagaimana macam-macam bunyi kucing yang Ade pernah dengar?".

- Ajak anak Anda memikirkan berbagai penyelesaian gambar atau cerita yang sudah dimulai. Misalnya, "Kalau orang tidak punya rambut, maka….." Anda dapat meminta anak mencari jawaban sebanyak-banyaknya.

- Mencari penggunaan baru dari benda sehari-hari. Misalnya, "Selain untuk membuat rumah, batu bata bisa dipergunakan untuk apa lagi ya…?"
Sumber : Ayahbunda Nomor 24 / 6-19 Desember 2003 / Hal. 102.
Tanggal entry data : Sabtu, 16 Oktober 20

Bila Anda Berteriak pada Anak

Kita tahu, bahwa lebih baik bicara secara baik-baik kepada anak yang melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan daripada berteriak. Namun, ada kalanya ini tidak bisa kita lakukan. Entah mengapa, tanpa kita sadari, kita tiba-tiba sudah membuka mulut kita dan berteriak, memarahi anak atas kesalahannya. Yang dapat kita lakukan bila keadaan ini sudah terjadi sebagai berikut.

Pertama, kita harus menenangkan diri kita sendiri. Pastikan anak kita ada pada tempat yang anak, misalnya pada pengasuhnya atauditempat bermain yang aman, kemudian pergilah Anda berbaring di tempat tidur atau sofa. Tutuplah mata Anda, tarik nafas, dan cobalah untuk relaksasi.

Kedua, kita sebaiknya meminta maaf kepada anak karen kita berteriak. Pastikan bahwa Anda meminta maaf karena Anda berteriak, bukan karena Anda memarahi anak Anda. Bedanya, bila Anda meminta maaf karena memarahi anak Anda ia akan merasa bahwa ia tidak melakukan kesalahan; sedangkan bila ANda minta maaf karena Anda berteriak, ia akan tahu bahwa ia bersalah namun Anda menyesal karena tidak menegur mereka dengan cara yang lebih halus.

Ketiga, jangan sampai sasa bersalah Anda membuat anak Anda meneruskan kenakalannya. Nanti ia akan terbiasa membuat Anda membentak atau berteriak agar bisa mendapatkan apa yang ia inginkan. Katakan dengan baik, tingkah laku itu tidak bisa Anda terima dan ia harus mengubah tingkah lakunya tersebut.
Sumber :
Ny, Sri Munawaroh - Madura, dikutip dari Majalah Lisa - Nomor 36/Tahun II/10 - 16 September 2001, halaman 33
Tanggal entry data : Jum´at, 19 Maret 2004

Jika Balita Anda Berbohong

Sebenarnya, anak-anak, sampai usia tiga atau empat tahun yang mengatakan sesuatu yang tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataan tidak dapat dikatakan berbohong. Sebab, mereka sebenarnya belum benar-benar dapat membedakan antara realitas dengan khayalan. Artinya, anak-anak seusia itu belum bisa menangkap arti konsep 'berkata jujur' dan 'berkata bohong'.

Berikut ini adalah beberapa penyebab anak berbohong,
Imaginasi yang Aktif, beberapa anak memiliki daya imajinasi yang tinggi, kadang-kadang anak ini menganggap imajinasi mereka sama seperti kenyataan, sehingga mereka mengatakan sesuatu yang sebenarnya berasal dari imajinasi mereka.

Pelupa, anak-anak balita belum memiliki daya ingat sebaik orang dewasa. Jika misalnya Anda memarahi anak Anda karena mencorat-coret dinding dengan krayon dan anak Anda yang berusia dua tahun menyangkalnya, ia tidak bisa dibilang berbohong, mungkin ia benar-benar lupa, atau jika ia ingat, ia benar-benar berharap bukan ia yang melakukannya karena ia tidak ingin Anda marahi. Mungkin juga karena mereka belum mampu memisahkan pikirannya dengan kenyataan.

'Sindroma Malaikat', sering terjadi pada anak yang terlalu dimanjakan oleh orangtuanya, sehingga ia jadi yakin bahwa ia tak mungkin berbuat kesalahan dan kemudian mempercayainya. Jalan pikiran anak seperti itu kira-kira begini: 'Ayah dan Ibu sangat sayang kepada saya karena saya adalah anak baik. Anak baik tak mungkin mencoret-coret tembok seperti itu. Jadi tak mungkin saya yang mencoret-coret tembok (padahal memang ia yang melakukannya)'.

Apa Yang Harus Dilakukan?
Wajar jika Anda cemas jika anak Anda 'berbohong' - orang tua mana yang menginginkan anaknya jadi pembohong? Tetapi, cara terbaik menghadapi 'kebohongan' anak kecil adalah sikap relaks, dan menganggapnya sebagai dongeng versinya sendiri. Toh, Anda juga sering menceritakan dongeng, yang notabene juga tak sesuai dengan kenyataan. Jadi, kenapa anak Anda tak boleh mendongeng juga? Lagipula, kebohongan mereka - menurut Berry Brazelton, dokter anak terkenal dan penulis buku Touchpoints - merupakan bagian dari perkembangan yang normal.

Karena itu, Anda tak perlu menghukkum jika mereka berbohong, tetapi Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengajarkan nilai-nilai kejujuran, seperti:
Menghargai Kejujuran, jangan marah-marah jika anak Anda mengaku telah berbuat salah, karena ia akan berpikir kejujuran malah berakibat negatif baginya.
Lebih baik katakan terima kasih karena ia telah berkata jujur.

Jangan Menuduh, gunakan kalimat yang akan mengundang pengakuan. Daripada berkata 'Pasti Roni yang mencoret dinding!', lebih baik Anda berkata 'Siapa yah yang mencoret dinding? bantu Mamah membersihkannya yuk..!'.

Jangan Membebani Anak, jika menerapkan sejumlah aturan dan larangan, kemungkinan besar mereka belum mampu memahami atau mengikuti aturan dan larangan tersebut. Mereka akan terpancing berkata bohong jika berbuat salah untuk menghindari amarah Anda.

Bangun Kepercayaan, buat anak mengerti, Anda mempercayainya, dan Anda juga bisa dipercaya. Caranya adalah dengan selalu berkata jujur kepada mereka. Misalnya, jika anak Anda sakit dan harus disuntik, jangan mengatakan disuntik itu tidak sakit, karena beberapa detik kemudian ia akan segera tahu bahwa kata-kata Anda tidak benar.
Juga, cobalah menepati semua janji Anda kepadanya, dan meminta maaf jika Anda tidak bisa menepatinya.
Sumber : Lisa Nomor 09/Tahun III/4 - 10 Maret 2002, Halaman 43
Tanggal entry data : Kamis, 19 Desember 2002

Ekspresikan Kasih Sayang di Tengah Kesibukan

Anak-anak, terutama balita, amat membutuhkan perhatian orangtuanya, coba saja perhatikan, apabila Anda sibuk melakukan sesuatu dan seperti mengabaikan balita Anda, pasti ada saja ulah yang ia lakukan untuk menarik perhatian Anda. Dan, itu biasanya berupa kenakalan atau perbuatan yang menjengkelkan, sehingga biasanya amarah Anda pun terpancing.

Bila rangkaian proses ini selalu berulan, Anda sibuk, anak berulah, Anda marah, lalu kembali ke kesibukan Anda, apa yang mungkin dirasakan oleh anak Anda? Belum lagi jika ucapan-ucapan yang bernada mencap keluar dari mulut Anda, seperti misalnya "dasar anak nakal!", atau "kamu ini memang tidak bisa dibilangin!". Ucapan seperti itu, selain tak ada gunanya karena tak akan memperbaiki tingkah laku anak, juga membentuk konsep diri negatif pada diri anak. Anak yang dicap nakal bisa benar-benar menjadi nakal karena ia merasa dirinya anak nakal dan kemudian malah akan bertingkahlaku sesuai dengan "cap" yang ia terima.

Jalan yang terbaik untuk mengatasi ulah balita ini adalah dengan memberi apa yang sedang ia butuhkan. Jika ia bertingkah, hentikan sejenak pekerjaan Anda dan luangkan waktu untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan menyayanginya. Peluklah ia, ajak bicara sebentar, dan katakan secara gamblang bahwa Anda menyayanginya. Lalu, jelaskan kepadanya Anda harus menyelesaikan pekerjaan, dan akan kembali bermain dengannya jika sudah selesai.
Sumber :
Rachma, Bekasi
dikutip dari Lisa Nomor 23/Tahun III/12 - 18 Agustus 2002
Tanggal entry data : Kamis, 12 September 2002

Hamil Palsu

Kehamilan palsu atau Pseudocysis adalah suatu kondisi di mana seorang wanita menganggap dirinya hamil, namun sebenarnya dia tidak hamil. Dalam keadaan ini, si ibu akan merasakan gejal-gejala umum sama seperti yang dialami oleh ibu hamil. Misalnya saja, tidak mendapat haid, perut semakin besar, mual, pusing dan payudara membesar. Namun jika dilakukan pemeriksaan medis, misalnya tes urin, akan diketahui bahwa perkiraan tersebut sebenarnya tidak benar.

Kehamilan palsu sebenarnya jarang terjadi. Penyebabnya pun belum diketahui secara pasti, walaupun ada yang mengatakan bahwa hal ini biasanya terjadi pada ibu yang baru mengalami keguguran atau ibu yang haidnya tidak teratur. Karena itu, bila kebetulan anda mengalami hal ini, jangan segan untuk menanyakan kepada dokter.

Kehamilan palsu biasanya terjadi pada ibu berusia mendekati 40 tahun, yang sudah sejak lama mendambakan anak dan bertahun-tahun berupaya untuk hamil. Karena itu, walaupun emosinya stabil, ia bisa sangat terguncang bila orang berkali-kali mendesak kapan ia hamil (mempunyai anak). Masalah ini juga bisa dialami oleh para ibu yang baru keguguran atau bayinya lahir meninggal. Namun demikian, ada ada dugaan bahwa kehamilan palsu terjadi bukan karena emosi, tetapi karena ketidakseimbangan hormon, yang terjadi secara tiba-tiba.

Kehamilan palsu biasanya sukar didiagnosa, terutama pada awal 'kehamilan'. Rahim ukurannya tetap normal, dan hasil tes untuk mengetahui adanya kehamilan juga negatif. Sejalan dengan meningkatnya usia 'kehamilan', perut si ibu akan membesar. Begitu pula dengan payudara. Namun, bila dilakukan pemeriksaan secara lebih cermat, barulah diketahui bahwa rahim tetap pada ukuran semula. Tidak membesar karena berisi janin, seperti yang terjadi pada kehamilan yang sesungguhnya.

Untuk mengatasi hal ini dan mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, terutama yang menyangkut emosi si ibu, maka peran suami dan keluarga sangat diperlukan.
Sumber : www.anakita.com
Tanggal entry data : Kamis, 04 Juli 2002

Membantu Suami Menjadi Ayah

Peran sebagai orangtua tentu saja bukan melulu tanggung jawab ayah atau ibu, dan kegamangan menjadi orangtua juga bukan monopoli kaum wanita, tetapi juga melanda kaum pria. Penelitian Mithers bisa dibilang membuktikan hal tersebut. Karena itu, idealnya, calon ayah dan ibu saling membantu dalam menyongsong kehadiran si kecil. Inilah beberapa saran dari Mithers bagi calon orangtua.

Selalu luangkan waktu bersama-sama setiap hari untuk berbagi cerita, ceritakanlah perasaan-perasaan, kecemasan-kecemasan, serta ketakutan-ketakutan anda berdua, dengan begitu, baik suami maupun istri akan mengetahui apa saja yang dirasakan oleh masing-masing pihak.

Selalu libatkan suami dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kehamilan anda, misalnya ketika anda memeriksakan kandungan ke dokter atau berbelanja keperluan bayi. Dengan begitu, suami tidak menjadi "asing" dan merasa tersisih dengan segala persiapan menyambut penghuni baru di rumah. Jka suami anda justru terlihat ogah-ogahan menemani anda, ingatkanlah dia bahwa anak yang anda kandung adalah anaknya juga.

Tunjukkanlah kepada suami anda, perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Jika perlu, belilah buku mengenai kehamilan dan bacalah bersama suami. Bisa saja, setelah itu anda berdua berdiskusi tentang rencana-rencana yang berhubungan dengan masa depan si kecil kelak atau mengingat-ingat apa lagi yang perlu dipersiapkan untuk si kecil.
Sumber : Lisa Nomor 44/Tahun II/5 - 11 November 2001, hal. 39
Tanggal entry data : Kamis, 25 April 2002

Anak Suka Bergadang?

Anak saya laki-laki berumur 18 bulan, belakangan ini ia suka 'bergadang' sampai jam satu dini hari. Kalau ia tidur mulai jam sembilan malam, ia akan bangun jam 10.30 malam, tidur lagi lalu bangun lagi jam satu dini hari, lalu tidur dan bangun lagi jam enam pagi. Saat bangun itu ia tidak ingin pipis atau minum susu, juga tidak menangis, ia hanya mengajak saya mondar-madir dari kamar ke ruang tamu, bosan di ruang tamu mengajak ke teras depan atau melihat-lihat dapur. Tiga bulang yang lalu pengasuhnya ganti. Apakah hal itu juga bisa mengubah kebiasaan tidurnya? apakah ia tergolong kurang tidur? apakah akan berpengaruh pada kecerdasannya? (Ny. Tiara - Jakarta Timur)

Kebiasan tidur yang kurang baik tentu saja akan mempengaruhi kesehatan anak, baik secara fisik maupun mental. Anak yang kurang tidur dengan sendirinya kurang waktu istirahatnya, sementara perkembangan otak anak dipengaruhi oleh waktu istirahat yang cukup. Dua tahun pertama merupakan masa perkembangan otak yang sangat pesat dan perkembangan otak selain dipengaruhi bakat yang telah terprogram sejak dalam kandungan, juga stimulasi lingkungan yang antara lain berhubungan dengan kebiasan anak tidur.

Melihat pola kebiasan tidur anak Anda, tampak ia kurang waktu tidunya. Kemungkinan ia terbiasa bangun tengah malam pada waktu dengan pengasuhnya dan terbiasa melakukan kegiatan tersebut dengan sadar, karena kalau ia bosan di suatu tempat ia akan minta ke tempat lain dan hal ini kemungkinan biasa dituruti oleh pengasuhnya.
Untuk mengubah kebiasaan ini, Anda harus tegas dan konsisten melatih anak untuk kembali ke tempat tidur.

Anak butuh waktu istirahat yang cukup agar anak siap mempelajari latihan-latihan atau keterampilan sensori dasar dan respon motorik yang biasanya dilakukan dengan bermain. Dengan stimulasi atau rangsangan-rangsangan yang diberikan oleh lingkungan, anak dapat mengembangkan semua aspek perkembangannya, meliputi fisik motorik, termasuk panca indera, kognitif kecerdasan, emosi dan sosial. Bila ia dalam keadaan segar, cukup istirahat, ia siap bermain sambil belajar. Ajaklah ia mengenal bentuk dan warna agar kecerdasannya meningkat. (Dra. Erniza B. Joewono - Psikolog)
Sumber : Ayahbunda No.24 1-14 Desember 2001 hal.42
Tanggal entry data : Rabu, 03 April 2002

Kurang Asam Folat Bisa Sebabkan Bayi Cacat

Kekurangan Asam Folat pada ibu hamil, berdasarkan penelitian, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut dr. Noroyono Wibowo SpOG, kepala subbagian Fetomaternal Departemen Obestetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dalam Semiloka Manfaat Asam Folat yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu, Asam Folat merupakan Enzim yang memproduksi DNA (Deoxyribose Nucleic Acid).

Asam Folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asal Folat juga bisa mencegah Anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Effects) dan sebagai antidepresan.

Sering kali para ibu tidak menyadari dirinya kekurangan Asam Folat karena sebagian besar kehamilan terjadi tanpa direncanakan. "Kebanyakan Pasutri (Pasangan Suami Istri) tidak pernah merencanakan kehamilan, tahu-tahu ibu langsung hamil setelah telat datang bulan. Mereka baru datang ke dokter setelah positif hamil beberapa minggu".

Karena itu, ibu sering tidak membekali diri dengan gizi yang mencukupi ketika sebelum dan sesudah melahirkan. "Kalau kehamilan direncanakan, maka ia akan mempersiapkan gizi yang baik sebelum hamil karena kebutuhan Asam Folat harus disiapkan sejak sebelum kehamilan".

Di Indonesia sendiri belum ada data pasti berapa prevalensi adanya penyakit kelainan sumsum tulang belakang. "Jumlah angka kematian bayi di Indonesia masih relatif tinggi. Kematian bayi ini masih belum diidentifikasikan penyebabnya karena belum adanya data. Salah satu penyebab kematian adalah kekurangan Asam Folat", ujar Bowo.

Kekurangan Asam Folat menyebabkan bayi lahir dengan Bibir Sumbing, Bayi lahir dengan berat badan rendah, Down's Syndrome, dan Keguguran. "Bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya".

Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi. Pada ibu hamil, kekurang Asam Folat menyebabkan meningkatnya resiko Anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat.

Sumber makanan yang mengandung Asam Folat dalah Hati Sapi (liver), brokoli, jeruk, bayam, dan sebagainya. "Roti dan Susu juga mengandung Asam Folat tinggi karena kini susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung Asam Folat", jelas dr.
Tim Green PhD dan Department of Human Nutrition University of Otago New Zealand. Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan, oleh sebab itu digantikan oleh Susu.

Kebutuhan Asam Folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/hari atau sama dengan 2 (dua) Gelas Susu. "Mengkonsumsi Asam Folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan. Banyak negara telah melakukan kebijakan dalam pengurangan NTD dengan memwajibkan ibu mengkonsumsi Asam Folat".
Sumber : Media Indonesia 4 Februari 2005
Tanggal entry data : Kamis, 24 Februari 2005

Dapatkah Folat Membantu Mencegah Terjadinya Cacat Bawaan Pada Bayi?

Folat adalah salah satu jenis vitamin B Kekurangan folat secara umum adalah terjadinya megaloblastik anemia, yaitu sel darah membesar akan tetapi tidak dapat mengikat oksigen, sehingga penderita mudah merasa letih, lemas dan lesu. Kebutuhan folat terutama meningkat pada saat kehamilan. Kekurangan folat dapat menyebabkan cacat bawaan pada bayi yang dilahirkan seperti rongga mulut/ bibir sumbing, berat bayi lahir rendah, keguguran, sindroma down’s, neural tube defects (NTD).

NTD adalah cacat bawaan pada syaraf sumsum tulang belakang dimana pembuluh syarah tidak dapat menutup dengan sempurna. Proses ini biasanya terjadi pada sekitar hari ke 28 setelah pembuahan. Beberapa jenis NTD adalah:

  • spina bifida: tulang belakang tidak menutup
  • Anencepahly: tidak ada kubah tengkorak atau otak yang amat menyusut dan melekat pada dasar tengkorak (90% dari kasus NTD)
  • Encephalocele: radang otak (10% dari kasus NTD)

Penderita NTD yang dapat hidup harus menanggung akibat dari NTD sepanjang hidupnya, antara lain kelumpuhan, tidak dapat mengontrol keluarnya air seni, dan gangguan kemampuan belajar.

NTD dapat terjadi karena genetik atau faktor lingkungan. Hubungan antara NTD dan folat pertama kali dikemukakan 30 tahun yang lalu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah banyak dilakukan, diperkirakan bahwa sekitar 50 – 70% kasus NTD daoat dicegah bila ibu mengkonsumsi asam folar sebelum kehamilan hingga 4 minggu pertama kehamilan.

Berdasarkan hasil penelitian dibuatlah saran mengenai jumlah asam folat yang haris dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi terjadinya kasus NTD, yaitu:

  • Untuk wanita usia subur secara umum disarankan untuk mengkonsumsi asam folat minimal sebanyak 400 ?g (mikrogram) setiap hari. Hal ini disebabkan karena 95% anak-anak yang dilahirkan dengan kasus NTD berasal dari ibu yang tidak memiliki riwayat NTD atau belum pernah melahirkan bayi dengan kasus BTD sebelumnya.
  • Untuk wanita yang pernah melahirkan bayi dengan kasus NTD diharuskan untuk mengkonsumsi tambahan asam folat 400 ?g setiap hari. Apabila mereka sedang merencanakan kehamilan maka konsumsi asam folatnya harus ditambah hingga 4000 ?g (4 mg) per hari. Hal ini berguna untuk mencegah terulangnya kasus NTD pada bayi yang dilahirkan nanti. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terulangnya kasus NTD jauh lebih rendah pada wanita yang memperoleh asupan tambahan asam folat. Penelitian yang dilakukan oleh British Medical Research Council (MRC) menunjukkan bahwa terulangnya kasus NTD pada kelompok yang mendapat tambahan asam folat adalah 72% lebih rendah bila dibandingkan kelompok yang tidak menerima tambahan asam folat.

Konsumsi asam folat sesuai jumlah yang disarankan dapat dicapai dengan beberapa cara, yaitu melalui konsumsi makanan sehari-hari, mengkonsumsi tablet tambahan asam folat atau mengkonsumsi makanan yang diperkaya/ ditambahkan asam folat.

  1. Konsumsi makanan sehari-hari
    Makanan submer folat antara lain adalah kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran hijau dan yang paling tinggi kandungan folatnya adalah hati sapi. Akan tetapi secara rata-rata kandungan folat didalam makanan termasuk rendah makan untuk mencapai jumlah yang disarankan diperlukan konsumsi yang cukup banyak. Disamping itu, folat alami pada bahan makanan umumnya tidak stabil dan mudah rusak karena pemanasan/ pemasakan atau penyimpanan yang terlalu lama. Dengan demikian, konsumsi makanan sehari-hari sulit diandalkan untuk menurunkan terjadinya NTD secara umum.
  2. Mengkonsumsi tablet tambahan (suplemen) asam folat
    Keuntungan dari suplemen asam folat antara lain adalah dapat ditargetkan khusus untuk wanita usia subur, wanita hamil, atau wanita yang sedang merencanakan kehamilan dengan jumlah asam folat yang tepat sesuai dengan yang disarankan. Akan tetapi tidak banyak wanita yang mengkonsumsi suplemen asam folat karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran untuk mengkonsumsinya secara teratur. Suatu survey pada tahun 1999 menunjukkan bahwa walaupun banyak wanita hamil yang mengetahui bahwa folat dapat mengurangi resiko terjadinya NTD pada bayi yang dilahirkan, hanya sedikit diantara mereka yang mengkonsumsi suplemen folat sebelum hingga bulan pertama kehamilan.

    Masalah lainnya adalah kenyataan bahwa 50% kehamilan di banyak negara biasanya tidak direncanakan. Dengan demikian, kehamilan umumnya baru diketahui setelah bulan-bulan pertama kehamilan yang merupakan masa yang penting untuk pembentukan otak dan syaraf sumsum tulang belakang.
  3. Makanan yang diperkaya/ ditambahkan asam folat
    Penambahan asam folat pada makanan merupakan kebijakan beberapa negara untuk menurunkan terjadinya kasus NTD. Makanan yang biasanya ditambahkan asam folat adalah makanan pokok (roti, sereal), tepung terigu/ gandum atau susu. Akan tetapi karena makanan-makanan ini dikonsumsi oleh masyarakat secara umum maka banyaknya asam folat yang ditambahkan pada makanan pokok atau tepung biasanya sangat terbatas. Di Amerika dan Kanada banyaknya asam folat yang ditambahkan pada tepung terigu/ gandum dapat meningkatkan asupan asam folat sebanyak 80-100 ?g per hari pada wanita usia subur yang menjadi target utama, akan etapi tidak menyebabkan kelebihan asam folat pada masyarakat umum lainnya.

Penambahan asam folat pada susu yang ditargetkan secara khusus untuk wanita yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan dapat diberikan dalam jumlah yang sesuai dengan yang disarankan. Sehingga apabila dikonsumsi secara teratur sesuai saran penyajian dapat memenuhi kebutuhan asam folat sehari-hari yaitu sebesar 400 g.
Sebagai kesimpulan,

  • Asam folat yang dikonsumsi pada awal kehamilan dapat mengurangi resiko terjadinya NTD
  • Asam folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat bawaan lainnya
  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan harus mengkonsumsi 400 g asam folat dalam sehari melalui suplemen atau makanan yang telah diperkaya/ ditambahkan asam folat.

Sumber : ANMUM Newsletter No. 01/ 08/ 2003 halaman 2 - ditulis oleh Dr Tim Green, Universitas OTAGO, New Zealand
Tanggal entry data : Selasa, 19 Oktober 2004

Menuju Kehamilan yang Sehat

Kata "hamil" bagi anda yang belum pernah mengalaminya mungkin membuat anda merasa penasaran. Dr. Wiku Andonotopo mengatakan, secara medis, kehamilan dimulai dari proses pembuahan sel telur wanita oleh spermatozoa dari pihak pria. Sel telur yang dibuahi akan berkembang jadi bakal embrio yang kemudian akan menjalani pembelahan sampai menjadi embrio. Bakal janin ini lalu akan menempel di selaput lendir rahim, yang terletak di rongga rahim. Setelah semua ini terjadi, Anda bisa dibilang telah "resmi" hamil.

Untuk mengetahui usia kehamilan Anda, Anda harus mengingat hari pertama haid terakhir yang dialami. Dari situ akan bisa dihitung berapa usia kehamilan dan kapan kira-kira Anda akan melahirkan sang bayi. Biasanya para dokter menggunakan rumus Naegele, yaitu hari pertama haid terkahir ditambah 7, bulan dikurangi , lalu pada anga tahun ditambah 1.

Gejala pertama kehamilan yang akan Anda alami adalah berhentinya siklus haid normal. Kebanyakan ibu hamil akan mengalami mual dan muntah, akibat mulai berpengaruhnya aktivitas hormon-hormon yang muncul dalam kehamilan. Seperti human chorionic gonadotropin (heg). Hormon inilah yang dijadikan tolak ukur tes kehamilan pada beberapa test pack yang tersedia di pasaran.

Gejala lainnya adalah berkurangnya nafsu makan, mengidam, kelelahan, frekuensi buang air kecil yang meningkat, mengalami sembelit, dan kemungkinan Anda akan mengalami perdarahan berbercak dalam kurun waktu sampai 5 minggu usia kehamilan. Hal itu normal dan tak perlu dicemaskan, karena embrio saat itu sedang mengalami proses perlekatan di dinding selaput rahim. Walaupun begitu, sebaiknya Anda segera konsultasikan pada dokter. Kehamilan yang sehat adalah bagaimana Anda dapat menjaga diri Anda dan calon bayi. Dengan olahraga kehamilan dan pola makan yang teratur dapat membantu anda menuju proses melahirkan yang lancar. Sebelum menuju kehamilan itu sendiri, ada baiknya mulai sekarang Anda harus menyiapkan mental Anda dan mulailah dengan menjalani pola hidup sehat.

Sumber : Cosmopolitan Edisi Juni 2004 / Hal. 242.
Tanggal entry data : Sabtu, 16 Oktober 2004

Pil KB Membuat Gemuk?

Pil KB Cenderung Membuat Gemuk? Bisa jadi! Ada beberapa alasan yang menjadi penyebabnya. Kandungan hormon dalam pil (estrogen dan progesteron) dapat mengubah metabolisme cairan di dalam tubuh. Seringkali dapat menyebabkan retensi cairan (edema).

Wanita para pengguna pil ini, dapat mengalami kenaikan berat badan (bb) sampai 10 Kg. Kenaikan ini biasanya merupakan efek samping yang muncul temporer. Dan biasanya terjadi pada bulan pertama selama 4-6 minggu.

Penurunan asupan garam akan menurunkan kenaikan cairan. Jadi Anda harus menurunkan atau menghentikan makan camilan yang banyak mengandung garam selama penggunaan pil KB.

Hormon yang sering digunakan untuk mengatur kehamilan juga seringkali bisa mengurangi atau bahkan meningkatkan nafsu makan. Sehingga bb bisa turun atau naik. Kalau hal tersebut terjadi, sebaiknya segera diskusikan ke dokter.

Anda juga sebaiknya berkonsultasi bila ingin mengganti pil yang kandungan dosisnya berbeda. Berdasarkan penelitian yang ditulis Journal Contraception, beberapa waktu lalu, efek samping seperti muntah dan payudara mengeras, terjadi pada hampir 1/3 pengguna pil KB yang dosis estrogennya lebih rendah.

Konsultasi juga penting, apalagi bila mendapat gangguan haid dalam 2-3 kali periode. Atau terjadi pembengkakkan di daerah kaki, sakit kepala, pusing, malas, pandangan kabur, mati rasa, gangguan bicara, sakit leher, nafas pendek-pendek, atau sakit di bagian perut.

Gejala-gejala tersebut bisa mengindikasikan kondisi yang serius, seperti gangguan jantung, penyumbatan darah yang tidak normal.

Sumber : (ASTAGA.COM/susandijani)
Tanggal entry data : Senin, 15 Juli 2002

Mencapai Kehamilan

Untuk mencapai kehamilan memang susah-susah gampang atau gampang-gampang susah...? Gampang berbuatnya tapi susah jadinya atau dapat juga susah buatnya tapi kok jadi....?! Tapi yang jelas semua itu ada kiatnya dan sudah tentu ada hitungan tersendiri. Yang terpenting adalah ,tepat waktu ,tepat laku ,tepat posisi dan tepat sehat.

Yang dimaksudkan dengan semua ini adalah ,
dilakukan pada waktu yang tepat , kemudian melakukannya dengan tepat pada posisi yang tepat dan harus SEHAT.

Yang dimaksud dengan tepat waktu,
untuk mencapai kehamilan diperlukan waktu yang tepat ,yaitu waktunya indung telur mengeluarkan telur setiap bulannya ini yang harus diketahui darisisi Wanita. Dan pada pria adalah saat sperma sedang dalam jumlah yang optimal kira-kira adalah 3 hari sesudah pengeluaran yang terakhir sehingga pada waktu itu pertemuan sel telur dengan sperma sangat besar kemungkinannya.

Yang dimaksud dengan tepat laku,
melakukan hubungan intim (ML) harus dengan cara yang baik tidak sampai melukai pasangan kita sehingga terhindar dari akibat luka sehingga akan menimbulkan infeksi dan pada akhir nya akan mengurangi kesempatan akan terjadinya kehamilan. Dan akhirilah di kedalaman yang paling dalam sehingga sperma akan berada tepat di mulut rahim dan sperma yang sehat akan segera bergerak memasuki rahim lewat mulut rahim.

Tepat posisi ,
ini khususnya untuk Wanita , pada akhir dari ML wanita diharus kan pada posisi terlentang ,dengan maksud agar sperma tetap tertampung dan tidak mengalir keluar vagina. Sangat dianjurkan untuk menaruh bantal dibawah bokong sehingga posisi mulut rahim dan vagina lebih condong atau mengarah ke atas (ini dimaksudkan agar sperma tidak tumpah ke luar vagina). Setelah itu tunggulah dengan posisi seperti itu sampai minimal setengah jam sampai satu jam agar memberikan kesempatan untuk sperma bergerak masuk kedalam rahim.

Sumber : http://nusaindah.tripod.com/tipsmencapaikehamilan.htm
Tanggal entry data : Senin, 06 Mei 2002

Dapatkah Satu Pasangan Memilih Jenis Kelamin Anak?

Selama bertahun-tahun, memilih jenis kelamin anak dalam kandungan merupakan topik yang mendapat perhatian besar dan sumber spekulasi. Cara-cara tertentu untuk menetapkan jenis kelamin semata-mata hanya berdasarkan dongeng rakyat dan kerap kali mencerminkan stereotip seksual - sebagai contoh, sang ibu makan makanan yang manis-manis supaya anaknya perempuan atau sang ayah melakukan senggama dengan memakai sepatu bot supaya punya anak laki-laki. Dalam dasawarsa yang terakhir ini, suatu penelitian yang sangat menarik perhatian menghubungkan pengaturan senggama yang tepat dengan jenis kelamin bayi. Walaupun demikian, nilai informasi bagi pasangan yang menginginkan anak laki-laki atau anak perempuan masih tetap terbatas.
Sebuah pasangan yang ingin punya anak laki-laki dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan dengan tidak melakukan senggama beberapa hari sebelum ovulasi, dan pasangan yang menginginkan anak perempuan harus berpantang senggama sempai tepat sesudah ovulasi. Sayangnya, penggunaan cari ini mengurangi kemungkinan keseluruhan untuk bisa hamil. Meningkatkan kemungkinan punya anak laki-laki dari 50 sampai 65 persen mungkin berakibat perlunya waktu lima tahun untuk bisa tahun.
Beberapa buku dan artikel populer mengaku bisa memberikan cara yang dapat diandalkan dalam memilih jenis kelamin anak. Cari ini berdasarkan hasil karya Dr. Landrum Shettles dan mencakup petunjuk tentang pemilihan waktu senggama yang tepat, penggunaan douche, posisi tubuh dalam bersenggama, serta saran tentang boleh atau tidaknya wanita mencapai orgasme. Hasil karya Dr. Shettles berdasarkan data inseminasi buatan, dan oleh karenanya tidak mengherankan kalau pengukuhan ilmiah bagi teorinya belum bisa diberikan.
Sebagai kesimpulan, sekarang ini belum ada cara yang dapat diandalkan untuk menetapkan sebelumnya jenis kelamin anak. Maka penting sekali bagi setiap pasangan untuk menghargai kelamin apapun. "Laki-laki atau perempuan sama saja"! Kalau Anda bisa bersikap demikian, selebihnya terserah kepada karunia Tuhan.
Sumber :
Petunjuk Lengkap Kehamilan, buku penuntun untuk calon ibu dan ayah
Phillip D. Sloaner, M.D.
Salli Benedict, M.Ph.
Tanggal entry data : Rabu, 03 April 2002

Bagaimana Mendeteksi Adanya Kista?

Berbeda dengan kista yang ada di organ tubuh lainnya, kista di ovarium atau indung telur bias hilang dengan sendirinya. "Kista sebenarnya juga salah satu jenis tumor. Penyebab pastinya sendiri masih belum diketahui, walaupun ada dugaan seringnya mamakai obat kesuburan. Umumnya lebih sering terjadi pada wanita yang belum pernah hamil," demikian penjelasan dr. M. Soemadadi, Sp.O.G. dari Rumah Sakit Bersalin Asih, Jakarta. Berikut penjelasannya tentang kista dan Ovarium.

Hasil Ovulasi
Kista yang bentuknya seperti kantung-kantung berisi caritan ini sebenarnya merupakan hasil ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) yang normal terjadi setiap bulan saat seorang wanita mengalami menstruasi. Kista itu biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Namun, kadangkala, kista tersebut bias saja justru terus berkembang dan semakin membesar. Bahkan, muncul kista-kista lalin yang tidak ada kaitannya dengan proses ovulasi. Nah, kista seperti inilah yang perlu diwaspadai sehingga dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui apakah berbahaya atau tidak, serta menentukan penanganan yang harus dilakukan. Kista yang normal (fisiologis) dengan tidak (patologis) bias dilihat dari diameternya melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). "Kista yang fisiologis berdiameter kurang dari lima sentimeter dan bukan cairan biasa, misalnya yang terjadi pada kista endometriosis," kata Soemanadi. Kista yang fisiologis umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu tiga bulan. Namun tamabah Soemanadi, biasanya tetap diamati apakah kista tersebut mengalami pembeesaran atau tidak.

Sering tanpa Gejala
Pada yang patologis, pembesaran bias terjadi relatif cepat, yang kadang tidak disadari si penderita. Karena, kista tersebut sering muncul tanpa gejala seperti penyakit umumnya. Itu sebabnya diagnosa awalnya agak sulit dilakukan. Gejala-gejala seperti perut yang agak membuncit serta bagian bawah perut yang terasa tidak enak biasanya baru dirasakan saat ukurannya sudah cukup besar. Jika sudah demikian biasanya perlu dilakukan tindakan pengangkatan melalui proses laparoskopi, sehingga tidak perlu dilakukan pengirisan di bagian perut penderita. Setelah diangkat, pemeriksaan rutin tetap perlu dilakukan untuk mengetahui apakah kista itu akan muncul kembali atau tidak. - Bimala
Sumber : Lisa Nomor 23/tahun II/11-17 Juni 2001-06-14
Tanggal entry data : Minggu, 31 Maret 2002


Sindroma Pra-Haid

Sedikitnya 50 persen, mungkin lebih, wanita mengalami pada suatu tahap di periode ini perasaan yant tidak menyenangkan yang disebut Sindroma Pra-Haid (SPH). Ini dapat beragam dari gejala yang samar-samar dengan rasa sakit yang ringan sampai kepada serangkaian gejala yang sangat tidak menyenangkan. Sering disebut penyakit, dariapada suatu gangguan.

Sejumlah besar gejala dapat terjadi, ini dapat tetap sama atau bervariasi dari bulan ke bulan. Pada umumnya ini adalah manifestasi dari produksi hormon progesteron pada bagian akhir dari siklus haid. Lebih dekat masa haid datang, biasanya gejala-gejala ini lebih dirasakan. Keadaan mudah tersinggung, menjadi lekas marah, dan emosional, adalah gejala umum yang kompleks. Banyak wanita yang biasanya sebagai istri penyayang, penurut dan mengabdi, tiba-tiba menjadi emosional dan pemarah, kesal pada dirinya sendiri dan pasangannya, maupun orang lain disekitarnya. Kadarnya dapat bervariasi dari yang ringan sampai kepada yang dapat menimbulkan ketegangan hubungan pribadi bahkan ketidakharmonisan pernikahan. Sesungguhnya, gejala tunggal ini sering dituduh sebagai penyebab keretakan pernikahan, jadi ini sangat penting.

Dengan adanya saling pegertian antara istri dan suami dalam menghadapi gejala-gejala ini, dapat mengurangi dampak yang tidak diingikan dan kemampuan istri untuk menyadari hal ini juga merupakan hal yang penting dalam mencari jalan keluar yang baik.

Sumber :
Wanita Ciptaan Ajaib, Beberapa Gangguan Sistem, Tubuh dan Perawatannya
Dr. John F. Knight
Tanggal entry data : Selasa, 30 April 2002

Menunda kehamilan

Saya dan calon suamiku bersepakat untuk menunda kehamilan selama 3-4 bulan setelah kami menikah nanti. Sarannya dong, berhubungan yang bagaimana yang bisa menunda kehamilan. Lalu apakah KB sistem kalender bisa membantu penundaan ini? Adakah KB cara lain? Tapi kalau pun kehamilan itu terjadi, kami tetap akan bahagia. Terima kasih. - Dara-Jakarta

Memang sebaiknya, segala sesuatu mesti direncanakan dengan baik dan matang. Mungkin karena alasan tertentu, Anda berdua berniat menunda kehamilan apabila menikah kelak. Itu hak Anda berdua, it's ok.

Penundaan kehamilan memang bisa diakali dengan cara melakukan hubungan intim yang tidak intens pada tanggal-tanggal 'tidak subur'. Selain itu, penggunaan kondom oleh pasangan Anda juga turut membantu. Anda pun bisa mengkonsumsi pil KB. Sementara posisi berhubungan intim yang dapat Anda lakukan adalah posisi dimana Anda sering berada di atas.

Namun demikian, semua cara tadi, tetap memungkinkan Anda hamil, meski dengan persentase kecil. Lagipula, seperti yang Anda sampaikan, jikalau nantinya tetap hamil, Anda berdua tetap happy-happy saja kan.

Sumber : www.satulelaki.com/konsultasi/ahuhohh/0,19128,00.html
Tanggal entry data : Kamis, 16 Mei 2002

Puasa pada Ibu Hamil

Hamil muda atau hamil tua, boleh saja puasa, dengan catatan, tidak sedang mengidap penyakit atau gangguan yang membahayakan keselamatan ibu dan janin. Asal ibu dan janin sehat, ibu bebas melakukan puasa.

Janin akan bertindak seperti parasit, kalau ia kekurangan makan, bila ibu sehat, janin akan menggunakan cadangan makanan dalam tubuh ibu. Mudahnya, janin tidak akan kekurangan zat makanan yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangannya selama cadangan makanan tersebut cukup. Toh, bila ibu hamil tidak makan siang hari, cadangan makanan dalam tubuh tidak akan habis dan malamnya sudah dipenuhi lagi.

Jadi, yang perlu bagi ibu hamil yang puasa harus menjaga agar tubuh tidak kekurangan makan, terutama yang bernilai gizi tinggi. Porsi makanannya per hari juga perlu ditingkatkan. Umumnya wanita hamil memerlukan kalori 1/6 dan protein 1/5 lebih banyak dibandingkan ketika tidak sedang hamil.

Memang ada pengecualian tertentu karena pertimbangan medis, ibu hamil disarankan absen puasa. Misalnya, penderita diabetes dibebaskan puasa bergantung pada kadar gula darah (umumnya kadar gula darah tinggi), berat ringannya penyakit, dan kesehatan umum. Pertimbangan lain, bila ibu hamil mengidap intra uterine growth reterdation, pertumbuhan janin terhambat karena fungsi ari-ari terganggu. Sementara itu, ari-ari berperan penting menjembatani antara ibu dan janin, yaitu mengatur segala sesuatu yang diperlukan janin dari ibunya. Entah itu berupa makanan atau zat-zat penting lainnya.
Sumber :
dr. Budi R.S.T - Surat Kabar Pikiran Rakyat Bandung, Minggu (Kliwon) 10 November 2002, Halaman 6
Tanggal entry data : Senin, 11 Nopember 2002

Rokok Memicu Autisme?

Hindarilah rokok, terutama saat hamil, sebab, menurut para peneliti dari The Karolinska Intitutet, Swedia, merokok di awal kehamilan dapat memicu terjadinya autisme pada bayi yang akan dilahirkan kelak. Dari sekitar 2000 anak yang dilihatkan dalam penelitian itu, ditemukan dari anak-anak yang ibunya merokok, hampir sekitar 40 prosen menderita autistik.

Para ibu hamil yang merokok, 1,4 kali lipat lebih beresika melahirkan anak autisme, karena rokok yang diisap ibu dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan, diduga rokok tersebut juga dapat memicu terjadinya autistik tadi. Para peneliti itu cukup heran dengan hasil tersebut karena menurut mereka, sebelumnya tidak diketahui rokok merupakan faktor yang memicu terjadinya autisme.
Sumber : Lisa Nomor 32/Tahun III/12 - 18 Agustus 2002, hal.15
Tanggal entry data : Rabu, 11 September 2002

Jangan Mengguncang Bayi Terlalu Keras !

Tujuan awal untuk menimang-nimang si buah hati adalah untuk menenangkannya dari kerewelan atau agar ia segera tertidur, tetapi, karena terlalu keras melakukannya, sehingga menyerupai guncangan, akibatnya malah bisa fatal bagi bayi. Shaken Baby Syndrome, adalah cedera yang diderita bayi atau balita akibat diguncang keras-keras. Akibat goncangan keras ini, bagian paling parah yang mengalami cedera biasanya adalah otak.

Keadaan itu terjadi karena saat bayi diguncang, otak dan tulang tengkorak bergerak ke arah yang berlawanan secara berulang kali, akibatnya, bisa terjadi kerusakan pada pembuluh darah halus yang memang masih rentan pada bayi, sehingga terjadi perdarahan. Bila perdarahan terjadi di dalam otak atau retina mata, dapat menimbulkan kebutaan, paralisis (kelumpuhan), serangan jantung, retardasi mental, bahkan kematian.

Dua gejala yang dapat membuktikan terjadinya Shaken Baby Syndrome adalah,

· Subdural hematoma (pembengkakan di bawah selaput keras otak)

· Retinal haemorrhagin (perdarahan pada retina mata).

Goncangan terlalu keras biasanya dilakukan ketika orang tua panik dalam usaha menenangkan anaknya yang menangis rewel, oleh karena itu, jika anak rewel dan semua usaha untuk menenangkannya telah diupayakan, misalnya menimang atau memutarkan musik lembut namun tidak berhasil juga, maka pengasuh atau orang tua disarankan meninggalkan diri dulu sebelum melakukan tindakan selanjutnya.

Sumber : Ayahbunda No.01, 12 -25 Januari 2002, hal.24
Tanggal entry data : Sabtu, 27 April 2002

Anakku Belum bisa berbicara juga?

Pengalaman ini saya dapatkan dari seorang sahabat saya yang memiliki putra berusia 2 tahun 4 bulan, hingga saat ini putra teman saya tersebut belum juga bisa berbicara, apalagi merangkai satu kalimat yang semestinya sudah bisa diucapkan oleh anak-anak normal seusianya. Pada awalnya, kedua orang tuanya khawatir jangan-jangan putra mereka mengidap autis, tapi pendapat itu saya tolak karena memang sebutlah namanya Bagus tetap saja perhatian kepada keadaan sekeliling berbeda dengan penderita autis yang cenderung super pasif seolah olah memiliki dunia sendiri. Hal ini juga dikuatkan oleh dokter keluarga langganan mereka bahwa Bagus sepenuhnya normal.

Setelah dicoba ditelusuri (melalui terapi dengan psikiater) mengapa keterlambatan ini bisa terjadi, ternyata ini akibat kurangnya rangsangan orang tuanya sendiri. Ketika Bagus mulai belajar berkomunikasi dengan kata-kata kepada orang tuanya, sang orang tua segera mengetahui apa yang Bagus minta sebelum si Bagus menyelesaikan kalimatnya, mungkin karena kasihan melihat putranya terbata-bata berbicara. Sehingga lama kelamaan Bagus pun malas mengucapkan kalimat lengkap karena dengan satu kata "rengekan" (krn tidak ada yang mengerti kecuali orang-orang yang dekat dengan Bagus), ibunya langsung memotong, "Oh Bagus mau minta ini ya", "Oh Bagus mau makan" dsb. Oleh karena itu saya sarankan agar para orang tua janganlah memanjakan putra putrinya dengan cara yang salah. Kelihatannya kita selalu mengerti apa yang diinginkan si anak, kadang malah bangga dengan kata2 yang hanya kita mengerti sendiri tapi justru hal seperti itu yang menghambat kemampuan anak berbicara. Cobalah untuk lebih sedikit "tegas" dalam artian menunggu si anak untuk mengucapkan kata-kata dengan benar meskipun tetap dalam porsinya, tentunya kita tidak dapat memaksa seorang anak satu tahun untuk berbicara lancar dan benar. Tapi kuatkanlah hati kita untuk mengatakan "Apa yang Tari mau, ayo, mama ngga' ngerti, coba katakan pelan-pelan" meskipun kita sudah tau apa sebenarnya maksud si anak. Juga jangan pernah pula mengikuti "pronouce" si kecil misalnya dalam memanggil namanya, kalau namanya Ramses ya dipanggil Ramses, jangan Lamses. Jadi meskipun dia belum bisa menyebut bunyi "r" tapi dia tahu kalau namanya Ramses. Seandainya ada orang yang memannggil namanya dengan "Lamses" dia tidak akan menengok atau bahkan memprotes mengatakan bahwa itu bukan namanya.
Semoga hal di atas ada manfaatnya bagi sesama orang tua baru.

Sumber : Irma Safitri - Jakarta
Tanggal entry data : Sabtu, 11 Mei 2002

Hindari Diare !

diare, adalah sebuah situasi yang dapat merupakan siksaan bagi bayi. Asha, anakku, lahir dengan berat 3.65 kg, di bulan-bulan pertama tumbuh dengan pesat, bila dilihat di grafik pertumbuhan, Asha selalu ada garis paling atas bahkan lebih. Sampai pada suatu saat, entah karena apa dan dari mana datangnya, Asha harus mengalami diare yang sangat mengkhawatirkan, bahkan sampai muntah dan tidak bisa menyusu. Beratnya otomatis turun secara drastis. Dengan hanya diare selama 2 hari, beratnya turun sampai 400 gram, kasihan Asha, yang lebih menyedihkan, setelah sembuh sampai sekarang sangat sulit membuat Asha kembali berada di garis normal grafik pertumbuhan. Setiap bulannya juga Asha sangat sulit memperoleh kenaikan berat. Hanya karena sekali diare..hanya sekali, Asha menjadi bayi yang selalu mungil bila dibandingkan dengan bayi seusianya.

Namun, kami selalu berbesar hati, yang penting Asha sekarang sehat, banyak bergerak, selalu aktif dan menyenagkan untuk diperhatikah. Kami hanya mampu memberikan pengalaman ini menjadi sebuah pelajaran buat bayi yang lain, hindarkan mereka dari diare. Menurut banyak buku, dengan sering mencuci tangan bayi kita, akan mempersempit kesempatan untuk terkena diare! tidak sulit bukan, alangkan baiknya bila dulu saya sering melakukannya pada Asha....
Sumber : Rani - Bandung
Tanggal entry data : Senin, 17 Juni 2002

Puasa Pada Ibu Menyusui

Kebutuhan nutrisi selama masa laktasi sedikit lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak menyusui karena nutrisi pada ibu menyusui selain digunakan untuk dirinya sendiri, juga sangat dibutuhkan bayi dalam bentuk Air Susu Ibu (ASI). Bayi akan merasa terpuaskan - juga sehat - bila sejak lahir hingga minimal empat bulan mendapatkan ASI dengan kualitas dan kuantitas cukup baik. Untuk mendapatkan ASI yang demikian, si ibu harus mendapatkan nutrisi yang cukup dan bergizi.

Boleh tidaknya ibu menyusui melakukan puasa bergantung pada kemauan si ibu itu sendiri. Bila ibu ingin menyusui bayi secara benar dengan memberikan penuh ASI selama empat bulan, tentunya kebutuhan gizi harus terpenuhi secara baik pula. Bila ibu menyusui melakukan puasa, rasanya sulit untuk memenuhi keseimbangan gizi dan kebutuhan energi yang memang lebih banyak, meski telah makan sebanyak mungkin ketika sahur ataupun saat berbuka puasa.

Besarnya kebutuhan energi bagi ibu menyusui erat kaitannya dengan frekuensi ibu memberikan ASI pada bayinya.
Semakin sering ASI diberikan, semakin besar pula energi yang dikeluarkan. Akibatnya, ibu cepat lapar.
Sumber :
dr. Budi R.S.T - Surat Kabar Pikiran Rakyat Bandung, Minggu (Kliwon) 10 November 2002, Halaman 6
Tanggal entry data : Senin, 11 Nopember 2002

Masalah-masalah kulit yang biasa ditemui pada bayi

Kulit adalah salah satu tanda yang paling terlihat dari kesehatan bayi dan kesejahteraan dan seharusnya diberikan perhatian yang sama dengan aspek lain dari kesehatan bayi. Dengan usaha yang relatif sedikit, beberapa masalah kulit seperti terdaftar disini yang umum bagi bayi bisa dicegah.

Kerak Kepala
Kelenjar keringat yang bekerja berlebihan di kulit kepala dapat menyebabkan serpihan kulit keras, dikenal dengan nama kerak kepala.
- untuk mencegahnya, cucilah kulit kepala bayi dengan shampoo yang diformulasikan secara khusus agar menjadi cukup ringan dan lembut untuk digunakan pada bayi anda
- bilaslah dengan seksama untuk menghilangkan semua sisa shampoo.
- gosokkan baby oil dengan lembut pada kulit kepala bayi anda dan biarkan beberapa saat untuk menghilangkan serpihan kulit keras, agar mudah dihilangkan.

Kulit Kering
Kulit bayi anda dengan mudah menjadi kering dan semakin kering kulitnya, semakin kurang efektiflah ia melindungi efek-efek yang berbahaya.
- atur suhu dan kelembaban didalam rumah anda.
- lindungi bayi anda dari hembusan angin.
- jaga kulit bayi anda tetap lembab untuk mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban kulit yang tepat dengan menggunakan krim bayi, lotion atau oil.

Lecet
Ada gesekan diantara pakaian bayi dan kulit dimana daerah-daerah dari kulit saling bergesekan seperti pada ketiak atau lipatan-lipatan pantat bayi yang bisa menimbulkan lecet.
- keringkan bayi anda dengan seksama setelah mandi dan berikan perhatian khusus pada lipatan-lipatan.
- hindari bahan kain yang kasar, kesat dan ketat.
- gunakan bedak atau krim pada kulit untuk mengurangi gesekan dan menjaga bayi anda tetap nyaman.

Ruam Panas (Biang Keringat)
Pada suhu cuaca yang panas, pori-pori pada kulit bayi anda bisa tertutup dan menyebabkan jerawat kecil merah muda.
- Jangan biarkan bayi anda terlalu kepanasan dengan memakaikan pakaian berlebihan atau memanaskan suhu ruangan bayi secara berlebihan.
- Pastikan pakaian bayi cukup longgar.
- bersihkan bayi anda secara teratur untuk membuang keringat berlebih.

Ruam Susu
Titik-titik putih kecil yang timbul pada wajah, leher dan bagian atas dada sangat umum terjadi diantara bayi-bayi yang disusui ASI. Tipe ruam ini normal dan akan hilang tanpa perawatan apapun.

Ruam Popok
Popok membuat daerah yang lembab dan hangat yang secara terus-menerus bersentuhan langsung dengan kulit bayi. daerah yang lembab dan hangat ini memicu tumbuhnya bakteri. Ditambah pula lecet akibat gesekan yang menurunkan efektifitas pelindung kulit menyebabkan ruam popok. Ada beberapa cara unutk mengurangi atau mencegah masalah-masalah kulit pada area halus ini.

untuk menjaga kulit pantat bayi sehat dan nyaman:
- gantilah popok sesering mungkin
- bersihkan pantat bayi anda dengan lembut dengan kain penyeka bayi dan keringkan diantara lipatan-lipatan secara seksama setiap kali anda mengganti popok.
- ketika membersihkan pantat bayi, pastikan mengusap dari depan kebelakang. ini akan menjauhkan kotoran dari daerah kemaluan dan mencegah infeksi.
- usapkan krim pelindung untuk melindungi kulit.
- gunakan pelapis popok atau popok sekali pakai yang dapat menyerap kelembaban dari kulit bayi sehingga menjadikan bayi lebih kering.
- ketika anda mencuci popok, bersihkan mereka secara seksama sehingga semua deterjen hilang.

Perubahan Hormon
Ruam yang berciri jerawat putih pada hidung, pipi dan dahi, dapat timbul dari penyerapan hormon yang bayi anda terima ketika ia masih berada didalam rahim anda. hal ini cukup normal dan akan hilang sendiri.
Sumber : Moch. Firdaus, Delima IV/5/98 Duren sawit Jakarta Timur, dikutip dari \"Johnson\'s Baby Brosur\"
Tanggal entry data : Jum´at, 03 Oktober 2003

Menjaga Kesehatan Anak

Beberapa penyakit yang umum diderita anak hampir dipastikan pada satu saat menyerang anak kita. Oleh sebab itu gejala penyakit dan cara penanganannya perlu dikenali. Penanganan juga bukan hanya membantu penyembuhan, namun juga dapat mencegah timbulnya komplikasi lebih jauh.

Penyakit yang sering diderita bayi dan balita, menurut Dr. Kishore R.J., dokter spesialis anak yang berpraktik di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina di Jatinegara, Jakarta, antara lain, demam, infeksi saluran napas, dan diare. "Tapi yang sering membuat orang tua segera membawa anaknya berobat adalah demam dan diare. Kalau batuk-pilek biasanya masih bisa ditunda," tuturnya.

Demam memang bukan penyakit, tapi gejala suatu penyakit. Semisal karena batuk dan pilek, radang tenggorokan, diare, infeksi lain pada saluran pencernaan, atau infeksi saluran napas. Dalam buku Mengatasi Gangguan Kesehatan pada Anak-Anak, karangan dr. Anies dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, kenaikan suhu tubuh juga sering terjadi saat tumbuh gigi pertama. Suhu tubuh juga akan meninggi sehabis memperoleh imunisasi DPT (difteria, pertusis, dan tetanus), namun hanya berlangsung kira-kira 24 jam.

Anak dikatakan demam, bila suhu tubuhnya di atas 37,5oC. Kalau itu yang terjadi, tidurkan anak dalam ruang ber-AC atau berkipas angin, kalau ada. "Kenakan pakaian yang tipis. Jangan diselimuti dengan selimut tebal - kecuali si anak menggigil - karena justru akan meningkatkan suhu tubuh," jelas Kishore.

Adalah bijaksana kalau di rumah selalu tersedia obat turun panas sebelum anak dibawa ke dokter.
Parasetamol biasa dipakai dan aman untuk anak dan bayi. Selain obat turun panas, dr. Anies menyarankan agar anak diberi banyak minum ketika terserang demam. Boleh air putih, susu, air jeruk, sari buah, atau kaldu hangat. Dengan begitu anak akan mudah berkeringat sehingga suhu tubuh menurun. Seka keringat pada tubuhnya dengan handuk basah, bedaki seluruh tubuh, dan gantilah pakaiannya dengan yang kering supaya merasa segar.

Untuk menurunkan suhu tubuh bisa dibantu dengan mengompres kening dengan lap atau handuk basah. Selama suhu tubuhnya masih tinggi, kompres tetap perlu. Upaya menurunkan suhu tubuh ini perlu untuk mencegah terjadinya kejang-kejang atau setip.
Air tajin untuk diare Diare yang disertai berkurangnya cairan tubuh (dehidrasi), batuk disertai sesak napas, gejala ke arah asma meskipun bukan asma, atau infeksi saluran napas bagian bawah, dan demam berdarah, menurut Kishore, perlu mendapat perawatan khusus.

Penyebab diare umumnya makanan. Bisa karena keracunan makanan atau karena kuman dalam makanan. Kalau makanannya beracun, gejala utamanya muntah, baru diikuti diare.
Kalau karena kuman pada makanan, biasanya diare dulu baru kemudian muntah.

Dalam bukunya, dr. Anies menyebutkan, diare merupakan keadaan gawat darurat sehingga harus segera ditanggulangi sebelum kondisi dehidrasi terjadi, yaitu pertama-tama dengan memberikan banyak minum. Pemberian susu formula dan jus buah dihentikan sementara. Namun, ASI tetap dilanjutkan.

Bila diare terjadi berulang kali, anak akan kehilangan banyak cairan, bahkan sejumlah mineral penting, seperti sodium, potasium, dan klorida ikut terbuang. Bila berkelanjutan, bisa terjadi ketidakseimbangan cairan tubuh sehingga timbul dehidrasi. Kondisi dehdarasi inilah yang paling dikhawatirkan meski diare pada dasarnya akan sembuh sendiri.

Tanda-tanda dehidrasi antara lain anak menangis tanpa air mata, mulut dan bibir kering, selalu merasa haus. Air seni keluar sedikit dan berwarna gelap, ada kalanya tidak keluar sama sekali. Juga, mata cekung atau terbenam. Pada bayi tanda dehidrasi bisa dilihat lewat ubun-ubun yang menjadi cekung. Juga anak mengantuk, kulit pucat atau kekenyalan tubuh berkurang, dan bekas cubitan tidak cepat kembali normal.

Untuk mengatasinya, anak perlu diberi cairan sebanyak mungkin. "Tidak harus larutan oralit. Bisa berupa teh manis, air gula garam, jus, sup. Air tajin justru cukup efektif bagi bayi untuk mengatasi diare. Juga jauh lebih baik dibandingkan dengan oralit karena tajin mengandung glukosa polimer yang mudah diserap," jelas Kishore.

Larutan gula garam dibuat dengan perbandingan dua sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam untuk segelas air putih. Larutan ini, menurut dr. Anies, diberikan sedikitnya setengah gelas tiap kali anak muntah atau buang air besar. Bisa juga diberikan satu sendok makan setiap lima menit, sampai anak dapat buang air kecil secara normal.

Air tajin selain cepat dicerna, juga mengandung kadar glukosa cukup tinggi, yang akan mempermudah penyerapan elektrolit. Selain itu dua macam poliglukosa dalam tepung tajin dapat menyebabkan feses lebih padat. Keuntungan lain air tajin adalah adanya kandungan proteinnya, yaitu 7 - 10 %. Sedangkan garam oralit tidak mengandung protein. Penggunaan air tajin sebagai "obat diare", menurut dr. Anies, tidak berbahaya untuk bayi sekalipun
.
Sumber : Edisi Majalah Intisari bulan oktober 1998
Tanggal entry data : Jum´at, 21 Januari 2005

Baikkah Mandi Bareng Bersama Anak?

Ketika anak masih bayi, Anda merasa nyaman-nyaman sja mendi bersamanya, namun, kala anak sudah agak besar, mungkin Anda mulai merasa risih, bahkan berpikir apakah tindakan mandi bersama anak ini tepat?.

Tina, seorang ibu, menceritakan pengalaman yang membuat wajahnya berubah warna karena malu ketika mandi bersama putrinya. Wati, anaknya yang berusia 3 tahun itu tiba-tiba saja menanyakan bagaian-bagian tubuhnya dan mengapa ukuran bagian-bagian tubuh yang sama pada dirinya lebih kecil. Pertanyaan ini terus berlanjut sampai mereka keluar dari kamar mandi. Pengalaman ini tentu pernah pula dialami ibu-ibu lainnya. Apakah keputusan TIna untuk tidak lagi mengajak Wati mandi bersama cukup berasalan? Bagaimana dengan pertanyaan Wati yang bertubi-tubi, apakah ini suatu hal yang wajar? Apa yang perlu orang tua ketahui?

Anak Perlu Belajar Mengenali Tubuhnya
Pada dasarnya reaksi kecil Wati wajar-wajar saja, karena ia sedang berada dalam fase eksplorasi diri. Keingintahuan akan eksistensi dirinya yang sangat besar, sehingga bila sedang bersama orang lain ia akan membandingkan dirinya dengan orang tersebut.

Menunjang Pendidikan Seks
Apakah Wati memiliki "kelainan" karena amat tertarik untuk tahu lebih banyak tentang hal-hal yang selama ini dianggap tabu, yaitu alat-alat reproduksi? Para pakar psikologi berpendapat bahwa selama 5 tahun petama kehidupannya, seorang anak, cepat atau lambat, akan menyentuh alat kelaminnya sebagai proses eksplorasi tubuh. "Permainan" eksplorasi ini biasanya senang dilakukan anak usia 2 dan 3 tahun.

Semakin Dini Semakin Baik
Di masa sekarang, seks seharusnya bukan lagi suatu topik yang harus dihindari kearena dianggap tabu. Penyimpangan seksual dan masalah yang ditimbulkannya dalam masyarakat yang bermunculan saat ini, menunjukkan bahwa semkin dini topik ni diperkenalkan kepada anak semakin baik. Tentunya dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti perbedaan nama laki-laki dan perempuan, bentuk fisik dan lain-lain.

Media Mendekatkan Hubungan Orang Tua - Anak.
Manfaat "sampingan" kegiatan mandi bersama ini adalah terciptanya hubungan yang hangat antata orant tua dan si kecil. Mandi bersama adalah saat-saat yang menyenangkan, jeritan dan tawa si kecil yang menggemaskan saat terkena percikan atau tersiram air dingin begitu nyaman terdengar di telinga.

Hentikan di Saat yang Tepat
Tindakan ibu yang menghentikan kegiatannya mandi bersama karena akan sudah semakin besar dan ia mulai banyak bertanya adalah tindakan yang tepat. pada saat itu Anda bisa mengatakan kepada anak bahwa kini saatnya mereka mandi sendiri untuk melatih kemandirian.

Sumber : Ayahbunda No.10, 16 - 29 Mei 1998, hal. 78
Tanggal entry data : Minggu, 28 April 2002

Ekspresikan Kasih Sayang di Tengah Kesibukan

Anak-anak, terutama balita, amat membutuhkan perhatian orangtuanya, coba saja perhatikan, apabila Anda sibuk melakukan sesuatu dan seperti mengabaikan balita Anda, pasti ada saja ulah yang ia lakukan untuk menarik perhatian Anda. Dan, itu biasanya berupa kenakalan atau perbuatan yang menjengkelkan, sehingga biasanya amarah Anda pun terpancing.

Bila rangkaian proses ini selalu berulan, Anda sibuk, anak berulah, Anda marah, lalu kembali ke kesibukan Anda, apa yang mungkin dirasakan oleh anak Anda? Belum lagi jika ucapan-ucapan yang bernada mencap keluar dari mulut Anda, seperti misalnya "dasar anak nakal!", atau "kamu ini memang tidak bisa dibilangin!". Ucapan seperti itu, selain tak ada gunanya karena tak akan memperbaiki tingkah laku anak, juga membentuk konsep diri negatif pada diri anak. Anak yang dicap nakal bisa benar-benar menjadi nakal karena ia merasa dirinya anak nakal dan kemudian malah akan bertingkahlaku sesuai dengan "cap" yang ia terima.

Jalan yang terbaik untuk mengatasi ulah balita ini adalah dengan memberi apa yang sedang ia butuhkan. Jika ia bertingkah, hentikan sejenak pekerjaan Anda dan luangkan waktu untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan menyayanginya. Peluklah ia, ajak bicara sebentar, dan katakan secara gamblang bahwa Anda menyayanginya. Lalu, jelaskan kepadanya Anda harus menyelesaikan pekerjaan, dan akan kembali bermain dengannya jika sudah selesai.

Sumber :
Rachma, Bekasi
dikutip dari Lisa Nomor 23/Tahun III/12 - 18 Agustus 2002
Tanggal entry data : Kamis, 12 September 2002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar